LintasYogya | Cara Hosting di Niagahoster untuk Pemula
Cara Hosting di Niagahoster untuk Pemula

Cara Hosting di Niagahoster untuk Pemula

Hai, Salam Sobat Lintasyogya! Bagi kalian yang baru memulai website atau blog, memilih hosting yang tepat bisa menjadi tantangan tersendiri. Salah satu penyedia hosting yang banyak dipilih adalah Niagahoster, yang terkenal dengan layanan yang cepat, handal, dan mudah digunakan. Nah, jika kalian masih bingung tentang cara hosting di Niagahoster, berikut adalah panduan lengkapnya.

Pilih Paket Hosting yang Sesuai

Sebelum memulai hosting di Niagahoster, pertama-tama kalian harus memilih paket hosting yang sesuai dengan kebutuhan website atau blog kalian. Niagahoster menawarkan berbagai jenis paket hosting, mulai dari hosting shared, VPS, hingga dedicated server.

  1. Hosting Shared
  2. Paket hosting shared adalah pilihan yang tepat untuk website atau blog dengan traffic rendah hingga sedang. Dalam paket ini, kalian akan berbagi resource server dengan pengguna lainnya. Namun, performa website kalian tetap bisa cepat dan stabil.

  3. VPS Hosting
  4. Jika website atau blog kalian sudah memiliki traffic yang cukup besar, VPS hosting bisa menjadi pilihan yang tepat. Dalam paket ini, kalian akan memiliki virtual private server yang bisa dikonfigurasi sesuai kebutuhan kalian.

  5. Dedicated Server
  6. Jika kalian memiliki website atau aplikasi dengan traffic yang sangat besar, dedicated server bisa menjadi pilihan yang tepat. Dalam paket ini, kalian akan memiliki server pribadi yang bisa dikonfigurasi sesuai kebutuhan kalian.

Daftar Akun Niagahoster

Setelah memilih paket hosting yang sesuai, langkah selanjutnya adalah mendaftar akun di Niagahoster. Caranya sangat mudah, kalian hanya perlu mengakses website Niagahoster dan mengisi formulir pendaftaran yang disediakan.

Pilih Domain dan TLD

Setelah mendaftar akun, kalian bisa memilih domain dan top level domain (TLD) yang sesuai dengan kebutuhan website atau blog kalian. Niagahoster menyediakan berbagai pilihan domain dan TLD, mulai dari .com, .net, .org, hingga .id.

Baca Juga :  Cara Upload HTML ke Hosting dengan Mudah dan Tidak Ribet

Pilih Metode Pembayaran

Setelah memilih domain dan TLD, langkah selanjutnya adalah memilih metode pembayaran yang sesuai. Niagahoster menawarkan berbagai metode pembayaran, mulai dari transfer bank, kartu kredit, hingga pembayaran melalui Indomaret atau Alfamart.

Verifikasi Pembayaran

Setelah melakukan pembayaran, kalian harus melakukan verifikasi pembayaran dengan mengirimkan bukti pembayaran ke Niagahoster. Setelah itu, Niagahoster akan melakukan proses aktivasi akun dan domain kalian.

Atur DNS Domain

Setelah akun dan domain kalian aktif, langkah selanjutnya adalah mengatur DNS domain kalian. Kalian bisa mengatur DNS domain kalian melalui dashboard Niagahoster atau melalui panel kontrol domain kalian.

Install CMS

Jika kalian ingin menggunakan Content Management System (CMS) seperti WordPress atau Joomla, kalian bisa menginstall CMS tersebut melalui cPanel Niagahoster. Caranya sangat mudah, kalian hanya perlu memilih CMS yang ingin kalian install dan mengikuti langkah-langkah yang disediakan.

Upload File Website

Jika kalian ingin mengupload file website kalian secara manual, kalian bisa menggunakan File Manager cPanel Niagahoster. Caranya sangat mudah, kalian hanya perlu mengakses File Manager dan mengupload file website kalian ke folder yang sesuai.

Atur Email Hosting

Jika kalian ingin menggunakan email hosting Niagahoster, kalian bisa mengatur email hosting kalian melalui dashboard Niagahoster atau melalui email client seperti Outlook atau Gmail.

Backup Data

Backup data website atau blog kalian sangat penting untuk menghindari kehilangan data akibat kerusakan atau hacking. Niagahoster menyediakan fitur backup otomatis dan manual yang bisa kalian gunakan.

Optimalkan Website atau Blog

Setelah website atau blog kalian online, langkah selanjutnya adalah mengoptimalkan website atau blog kalian agar bisa lebih cepat dan SEO-friendly. Beberapa tips yang bisa kalian lakukan antara lain:

  • Optimalkan gambar dan video agar lebih kecil ukurannya
  • Gunakan plugin caching untuk meningkatkan kecepatan website
  • Gunakan plugin SEO untuk meningkatkan peringkat website di mesin pencari
  • Pastikan website atau blog kalian mobile-friendly
Baca Juga :  Cara Menghubungkan Domain ke Hosting yang Berbeda

Tanya Jawab seputar Hosting di Niagahoster

Q: Apakah Niagahoster menyediakan SSL gratis?

A: Ya, Niagahoster menyediakan SSL gratis melalui fitur AutoSSL yang bisa kalian aktifkan melalui dashboard Niagahoster.

Q: Apakah Niagahoster menyediakan transfer domain?

A: Ya, Niagahoster menyediakan transfer domain dari penyedia hosting lain. Caranya sangat mudah, kalian hanya perlu mengirimkan permintaan transfer domain kalian ke Niagahoster.

Q: Apakah Niagahoster menyediakan refund?

A: Ya, Niagahoster menyediakan refund dalam waktu 30 hari setelah pembelian paket hosting kalian. Namun, ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi.

Q: Apakah Niagahoster menyediakan backup otomatis?

A: Ya, Niagahoster menyediakan backup otomatis untuk semua paket hosting. Namun, kalian juga bisa melakukan backup manual kapan saja.

Q: Apakah Niagahoster menyediakan dukungan teknis?

A: Ya, Niagahoster menyediakan dukungan teknis 24/7 yang bisa diakses melalui live chat, telepon, atau email.

Kesimpulan

Niagahoster adalah salah satu penyedia hosting terbaik di Indonesia yang bisa dipilih oleh pemula maupun profesional. Dalam artikel ini, kalian telah mempelajari cara hosting di Niagahoster mulai dari memilih paket hosting, mendaftar akun, memilih domain, hingga mengoptimalkan website atau blog kalian. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu kalian dalam memulai website atau blog kalian. Terima kasih telah mengikuti info terbaru dari Lintasyogya.com dan sampai jumpa kembali di artikel atau info menarik lainnya!

Related video of Cara Hosting di Niagahoster untuk Pemula