LintasYogya | Cara Hosting Codeigniter 4
Cara Hosting Codeigniter 4

Cara Hosting Codeigniter 4

Hai, Salam Sobat Lintasyogya! Apakah kamu seorang developer web yang sedang mencari cara hosting Codeigniter 4? Jika iya, kamu berada di tempat yang tepat! Pada artikel kali ini, kita akan membahas cara hosting Codeigniter 4 dengan mudah dan praktis. Yuk, simak selengkapnya!

Langkah 1: Pilih Provider Hosting

Sebelum memulai hosting Codeigniter 4, kamu harus memilih provider hosting terlebih dahulu. Pastikan provider hosting yang kamu pilih mendukung PHP 7.2 atau versi yang lebih tinggi, MySQL 5.6 atau MariaDB 10.1, dan Apache atau Nginx web server.

  1. Pilih provider hosting yang sesuai dengan kebutuhanmu.
  2. Pastikan provider hosting mendukung PHP 7.2 atau versi yang lebih tinggi, MySQL 5.6 atau MariaDB 10.1, dan Apache atau Nginx web server.
  3. Pilih paket hosting yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Langkah 2: Upload Codeigniter ke Hosting

Setelah memilih provider hosting, langkah selanjutnya adalah mengupload Codeigniter ke hosting. Kamu bisa mengupload Codeigniter menggunakan FTP atau File Manager pada cPanel.

  1. Buka FTP atau File Manager pada cPanel hostingmu.
  2. Buat folder di root directory hostingmu, misalnya “codeigniter”.
  3. Upload file Codeigniter yang sudah kamu download ke folder tersebut.
  4. Ekstrak file Codeigniter yang sudah diupload.

Langkah 3: Konfigurasi Database

Setelah Codeigniter diupload ke hosting, langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi database. Kamu harus membuat database terlebih dahulu pada cPanel hostingmu sebelum melakukan konfigurasi.

  1. Buka File Manager pada cPanel hostingmu.
  2. Buka file “app/Config/Database.php”.
  3. Pada bagian “public $default”, ubah nilai hostname, username, password, dan database sesuai dengan informasi database yang sudah kamu buat sebelumnya.

Langkah 4: Konfigurasi Base URL

Setelah melakukan konfigurasi database, langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi Base URL. Base URL adalah alamat website yang akan digunakan.

  1. Buka file “app/Config/App.php”.
  2. Pada bagian “public $baseURL”, ubah nilai base URL sesuai dengan alamat website yang akan digunakan.
Baca Juga :  Penjelasan Tentang Google Cloud Web Hosting

Langkah 5: Konfigurasi .htaccess

Setelah melakukan konfigurasi Base URL, langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi .htaccess. .htaccess berfungsi untuk mengatur URL pada website.

  1. Buka file “.htaccess” pada folder Codeigniter.
  2. Ubah nilai RewriteBase sesuai dengan nama folder Codeigniter yang sudah kamu buat sebelumnya.

Langkah 6: Testing Website

Setelah semua langkah di atas selesai dilakukan, kamu bisa melakukan testing website untuk memastikan website sudah berjalan dengan baik.

  1. Buka alamat website yang sudah kamu konfigurasi sebelumnya.
  2. Jika website sudah berjalan dengan baik, maka kamu sudah berhasil melakukan hosting Codeigniter 4.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Pertanyaan Jawaban
Apakah Codeigniter 4 bisa diinstall di localhost? Ya, Codeigniter 4 bisa diinstall di localhost. Kamu bisa menggunakan XAMPP atau WAMP untuk menginstallnya.
Apakah Codeigniter 4 gratis? Ya, Codeigniter 4 merupakan software open-source dan bisa didownload secara gratis.
Apakah Codeigniter 4 sulit untuk dipelajari? Tidak, Codeigniter 4 mudah dipelajari dan memiliki dokumentasi yang lengkap.

Kesimpulan

Hosting Codeigniter 4 bukanlah hal yang sulit asalkan kamu mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas. Pastikan kamu memilih provider hosting yang sesuai dengan kebutuhanmu dan sudah mendukung PHP 7.2 atau versi yang lebih tinggi, MySQL 5.6 atau MariaDB 10.1, dan Apache atau Nginx web server. Selamat mencoba!

Terimakasih telah mengikuti info terbaru dari Lintasyogya.com dan sampai jumpa kembali di artikel atau info menarik lainnya.

Related video of Cara Hosting Codeigniter 4