LintasYogya | Cara Hosting CI4 untuk Sobat Lintasyogya
Cara Hosting CI4 untuk Sobat Lintasyogya

Cara Hosting CI4 untuk Sobat Lintasyogya

Hai, Salam Sobat Lintasyogya! Jika kamu sedang mencari tutorial cara hosting CI4 yang mudah dipahami, maka kamu datang ke tempat yang tepat. Pada artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk bisa meng-hosting CI4 dengan mudah. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita langsung saja mulai tutorialnya.

Apa itu CI4?

Sebelum kita membahas tutorial cara hosting CI4, kita harus tahu terlebih dahulu apa itu CI4. CodeIgniter 4 atau biasa disebut CI4 adalah sebuah framework PHP yang open-source dan digunakan untuk memudahkan proses pengembangan aplikasi web. CI4 merupakan versi terbaru dari CodeIgniter yang diluncurkan pada tahun 2020 dan memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Langkah-langkah Hosting CI4

  1. Pilih Provider Hosting

    Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih provider hosting yang akan kamu gunakan untuk hosting CI4. Pastikan provider yang kamu pilih sudah mendukung PHP 7.2 ke atas dan memiliki database MySQL atau MariaDB.

  2. Buat Akun Hosting

    Setelah kamu memilih provider hosting, langkah selanjutnya adalah membuat akun hosting. Kamu bisa memilih paket hosting yang sesuai dengan kebutuhanmu. Pastikan kamu memilih paket yang mendukung CI4 dan memiliki space yang cukup untuk menyimpan file aplikasimu.

  3. Upload File CI4

    Setelah kamu memiliki akun hosting, langkah selanjutnya adalah meng-upload file CI4 ke server hostingmu. Kamu bisa menggunakan FTP client seperti FileZilla untuk meng-upload file CI4. Pastikan kamu meng-upload file CI4 ke direktori root dari websitemu.

  4. Buat Database

    Langkah selanjutnya adalah membuat database untuk aplikasimu. Kamu bisa membuat database melalui cPanel atau MySQL. Pastikan kamu menyimpan informasi database seperti nama database, username, dan password dengan baik.

  5. Konfigurasi Database

    Setelah database dibuat, langkah selanjutnya adalah mengkonfigurasi database pada file .env yang berada di folder root aplikasimu. Isi informasi database seperti nama database, username, dan password pada file .env.

  6. Testing Aplikasi

    Setelah semua langkah di atas dilakukan, kamu bisa melakukan testing aplikasi untuk memastikan bahwa aplikasimu sudah berjalan dengan baik. Buka websitemu dan pastikan tidak ada error atau masalah lainnya.

Baca Juga :  Hosting Itu Apa dan Bagaimana Cara Kerjanya

FAQ

1. Apakah harus menggunakan provider hosting yang mendukung CI4?

Tidak harus. Kamu bisa menggunakan provider hosting biasa selama mendukung PHP 7.2 ke atas dan memiliki database MySQL atau MariaDB.

2. Apakah CI4 sulit dipelajari?

Tidak. CI4 sangat mudah dipelajari dan memiliki dokumentasi yang lengkap dan mudah dipahami.

3. Apakah harus meng-upload file CI4 ke direktori root?

Ya. File CI4 harus di-upload ke direktori root agar aplikasi bisa berjalan dengan baik.

4. Apakah harus membuat database?

Ya. Database dibutuhkan untuk menyimpan data aplikasimu.

Kesimpulan

Itulah tutorial cara hosting CI4 yang mudah dipahami oleh Sobat Lintasyogya. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa meng-hosting CI4 dengan mudah dan cepat. Jangan lupa untuk selalu memperbarui websitemu dan mengikuti perkembangan teknologi terbaru. Terimakasih telah mengikuti info terbaru dari Lintasyogya.com dan sampai jumpa kembali di artikel atau info menarik lainnya.

Related video of Cara Hosting CI4 untuk Sobat Lintasyogya