LintasYogya | cara cek suhu hp
cara cek suhu hp

cara cek suhu hp

Hai, Salam Sobat Lintasyogya! Apakah kamu pernah merasa khawatir dengan suhu ponselmu yang terlalu tinggi? Jangan khawatir, dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara cek suhu HP dengan cara yang unik dan santai. Dengan mengetahui suhu ponselmu, kamu dapat menghindari masalah yang disebabkan oleh overheating. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

1. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika kamu ingin mengetahui suhu ponselmu secara akurat, kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti CPU-Z, AIDA64, atau Battery Temperature. Aplikasi ini akan memberikan informasi lengkap tentang suhu prosesor dan baterai ponselmu. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi tersebut melalui Google Play Store atau App Store.

1.1 CPU-Z

Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk mengecek suhu HP adalah CPU-Z. Aplikasi ini tidak hanya memberikan informasi tentang suhu, tetapi juga informasi lengkap tentang spesifikasi perangkat keras ponselmu. Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi ini, buka aplikasi CPU-Z dan pilih tab “Thermal”. Di sana, kamu akan melihat suhu CPU dan baterai ponselmu.

1.2 AIDA64

Jika kamu ingin mendapatkan informasi yang lebih detail tentang suhu ponselmu, kamu bisa menggunakan aplikasi AIDA64. Aplikasi ini tidak hanya memberikan informasi tentang suhu, tetapi juga informasi lengkap tentang perangkat keras dan software ponselmu. Setelah mengunduh dan menginstal AIDA64, buka aplikasi dan pilih tab “Thermal”. Di sana, kamu akan melihat suhu CPU, GPU, dan baterai ponselmu.

1.3 Battery Temperature

Jika kamu hanya ingin mengetahui suhu baterai ponselmu, kamu bisa menggunakan aplikasi Battery Temperature. Aplikasi ini memberikan informasi yang cukup lengkap tentang suhu baterai, tingkat pengisian, dan status baterai ponselmu. Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi ini, buka aplikasi Battery Temperature dan kamu akan langsung melihat suhu baterai ponselmu.

Baca Juga :  cara cek no hp 3

2. Menggunakan Kode Rahasia

Selain menggunakan aplikasi pihak ketiga, kamu juga dapat mengecek suhu ponselmu dengan menggunakan kode rahasia. Setiap merek ponsel memiliki kode rahasia yang dapat digunakan untuk mengakses informasi ponsel termasuk suhu. Berikut adalah beberapa kode rahasia yang dapat kamu gunakan:

2.1 Kode Rahasia Android

Jika kamu menggunakan ponsel Android, kamu bisa menggunakan kode rahasia *#*#4636#*#* untuk mengakses informasi ponselmu. Setelah memasukkan kode tersebut, kamu akan diarahkan ke “Testing” menu. Pilih “Battery Information” dan kamu akan melihat suhu baterai ponselmu.

2.2 Kode Rahasia iPhone

Jika kamu menggunakan iPhone, kamu bisa menggunakan kode rahasia *3001#12345#* untuk mengakses informasi ponselmu. Setelah memasukkan kode tersebut, kamu akan masuk ke “Field Test Mode”. Pilih “Battery Information” dan kamu akan melihat suhu baterai ponselmu.

3. Menggunakan Termometer Infrared

Jika kamu ingin mengecek suhu ponselmu dengan cara yang lebih kreatif, kamu bisa menggunakan termometer infrared. Caranya sangat sederhana, cukup arahkan termometer infrared ke bagian belakang ponselmu dan baca suhu yang tertera pada termometer. Namun, perlu diingat bahwa cara ini mungkin tidak memberikan hasil yang seakurat penggunaan aplikasi pihak ketiga atau kode rahasia.

4. Menggunakan Sensor Suhu Pada Ponsel

Beberapa ponsel memiliki sensor suhu yang dapat menampilkan informasi suhu secara langsung. Untuk mengecek suhu ponselmu menggunakan sensor suhu, buka pengaturan ponselmu dan cari opsi “Suhu”. Jika ponselmu memiliki sensor suhu, kamu akan melihat informasi suhu ponselmu di sana.

5. Menggunakan Website Pihak Ketiga

Jika kamu tidak ingin mengunduh aplikasi atau menggunakan kode rahasia, kamu juga bisa mengecek suhu ponselmu melalui website pihak ketiga. Beberapa website seperti Phone Arena atau GSM Arena menyediakan informasi lengkap tentang suhu dan spesifikasi ponsel. Cukup kunjungi salah satu website tersebut dan cari model ponselmu untuk melihat informasi suhu ponselmu.

Baca Juga :  cek hp melalui email

6. Melakukan Pembersihan Rutin

Untuk mencegah suhu ponselmu naik, penting untuk melakukan pembersihan rutin pada ponselmu. Bersihkan debu dan kotoran yang menempel pada lubang ventilasi ponselmu menggunakan sikat lembut atau kompresor udara. Pastikan juga untuk tidak menutupi lubang ventilasi saat menggunakan ponsel agar udara dapat mengalir dengan baik.

7. Mengatur Kecerahan Layar

Kecepatan ponselmu memberikan kontribusi besar terhadap suhu ponsel. Semakin tinggi kecerahan layar, semakin banyak energi yang dikonsumsi oleh ponselmu, yang pada akhirnya dapat menyebabkan ponselmu menjadi panas. Untuk menghindari hal ini, atur kecerahan layar ponselmu menjadi tingkat yang nyaman sehingga ponselmu tidak terlalu panas.

8. Menghindari Penggunaan Berlebihan

Penggunaan yang berlebihan seperti bermain game yang berat atau menjalankan aplikasi yang memakan banyak daya dapat menyebabkan ponselmu menjadi panas. Untuk menghindari hal ini, hindari penggunaan berlebihan dan jeda sejenak dalam penggunaan ponselmu untuk memberikan waktu bagi ponselmu untuk mendinginkan diri.

9. Menggunakan Casing Pelindung yang Sesuai

Pemilihan casing pelindung yang tepat juga dapat membantu menjaga suhu ponselmu tetap stabil. Pilih casing pelindung yang terbuat dari bahan yang dapat menyerap panas seperti silikon atau karet. Hindari menggunakan casing pelindung yang terbuat dari bahan yang dapat menyimpan panas seperti logam karena dapat membuat ponselmu menjadi lebih panas.

10. Menggunakan Kipas Angin Eksternal

Jika kamu sering menggunakan ponselmu untuk bermain game atau menjalankan aplikasi yang berat, kamu bisa menggunakan kipas angin eksternal untuk mendinginkan ponselmu. Terdapat kipas angin eksternal yang dirancang khusus untuk ponsel, cukup hubungkan kipas angin tersebut ke ponselmu melalui port USB dan biarkan kipas angin mengalirkan udara segar ke ponselmu.

Baca Juga :  cara cek email hp

FAQ (Pertanyaan Umum)

  1. Apakah suhu ponsel yang tinggi berbahaya?
  2. Ya, suhu ponsel yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada komponen internal ponselmu dan memperpendek umur baterai.

  3. Bagaimana cara mengetahui suhu ponsel yang normal?
  4. Suhu ponsel yang normal berkisar antara 25-35 derajat Celsius.

  5. Apakah penggunaan casing pelindung dapat membuat ponsel menjadi lebih panas?
  6. Tidak, penggunaan casing pelindung yang tepat dapat membantu menjaga suhu ponsel tetap stabil.

  7. Mengapa ponsel saya sering panas?
  8. Ponselmu mungkin sering panas karena penggunaan berlebihan atau masalah pada sistem pendingin ponsel.

  9. Apakah penggunaan kipas angin eksternal aman untuk ponsel?
  10. Ya, penggunaan kipas angin eksternal yang dirancang khusus untuk ponsel aman digunakan dan dapat membantu mendinginkan ponselmu.

Kesimpulan

Dengan mengetahui suhu ponselmu, kamu dapat menghindari masalah yang disebabkan oleh overheating. Kamu dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga, kode rahasia, termometer infrared, sensor suhu ponsel, atau website pihak ketiga untuk mengecek suhu ponselmu. Selain itu, melakukan pembersihan rutin, mengatur kecerahan layar, menghindari penggunaan berlebihan, menggunakan casing pelindung yang sesuai, dan menggunakan kipas angin eksternal juga dapat membantu menjaga suhu ponsel tetap stabil. Terimakasih telah mengikuti info terbaru dari Lintasyogya.com dan sampai jumpa kembali di artikel atau info menarik lainnya.