LintasYogya | cara cek suhu cpu

cara cek suhu cpu

Hai, Salam Sobat Lintasyogya! Apakah kamu sering mengalami laptop atau komputer yang terasa panas saat digunakan? Jika iya, mungkin suhu CPU kamu sudah melebihi batas normal. Nah, dalam artikel kali ini, kita akan membahas cara cek suhu CPU dengan santai dan unik. Dengan mengetahui suhu CPU, kamu dapat mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat sehingga laptop atau komputer kamu tetap berjalan dengan baik. Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

1. Menggunakan Software Monitoring Suhu CPU

Untuk mempermudahmu dalam mengecek suhu CPU, kamu dapat menggunakan software monitoring suhu CPU. Software ini akan memberikan informasi mengenai suhu CPU secara real-time. Beberapa software monitoring suhu CPU yang populer antara lain:

  1. HWMonitor
  2. HWMonitor merupakan salah satu software monitoring suhu CPU yang sederhana dan mudah digunakan. Kamu hanya perlu mengunduh dan menginstalnya, kemudian buka software tersebut. Pada tampilan utama, kamu akan melihat suhu CPU beserta komponen lainnya seperti GPU, hard drive, dan lain-lain.

  3. Core Temp
  4. Core Temp adalah software monitoring suhu CPU yang juga populer di kalangan pengguna komputer. Selain menampilkan suhu CPU, software ini juga dapat memberikan informasi detail mengenai model prosesor, kecepatan clock, dan lain-lain.

2. Menggunakan BIOS

Jika kamu ingin mengecek suhu CPU tanpa menggunakan software tambahan, kamu dapat melakukannya melalui BIOS. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Restart komputer atau laptop kamu.
  2. Pada saat komputer atau laptop sedang booting, tekan tombol yang ditunjukkan untuk masuk ke BIOS. Biasanya tombol yang digunakan adalah Del, F2, atau F10.
  3. Setelah masuk ke BIOS, cari menu yang berhubungan dengan suhu atau temperature.
  4. Pada menu tersebut, kamu akan melihat suhu CPU beserta informasi lainnya seperti kecepatan kipas pendingin.
  5. Catat atau catat suhu CPU yang tertera.
  6. Jika sudah selesai, keluar dari BIOS dan lanjutkan proses booting komputer atau laptop.
Baca Juga :  Google Free Website Hosting

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga di Smartphone

Bagi kamu yang ingin mengecek suhu CPU dengan santai dan unik, kamu dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tersedia di smartphone. Berikut adalah beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat kamu gunakan:

  1. Thermometer
  2. Thermometer adalah aplikasi yang dapat mengubah smartphone kamu menjadi sebuah termometer digital. Kamu hanya perlu mengunduh dan menginstal aplikasi ini, kemudian jalankan aplikasinya untuk mengecek suhu CPU. Namun, perlu diingat bahwa aplikasi ini hanya memberikan estimasi suhu dan tidak seakurat menggunakan software monitoring suhu CPU di komputer atau laptop.

  3. CPUMon
  4. CPUMon merupakan aplikasi pihak ketiga yang dapat memberikan informasi suhu CPU secara real-time. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan grafik yang menunjukkan perubahan suhu CPU seiring waktu.

4. Menggunakan Termometer Digital

Jika kamu ingin mencoba cara yang unik dan tidak biasa, kamu dapat menggunakan termometer digital untuk mengecek suhu CPU. Caranya cukup sederhana, yaitu dengan menempatkan termometer digital di dekat area CPU. Meskipun cara ini tidak seakurat menggunakan software atau aplikasi pihak ketiga, namun kamu dapat melihat perkiraan suhu CPU dengan cara yang lebih kreatif.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah suhu CPU yang normal?

Suhu CPU yang normal berkisar antara 40-70 derajat Celsius saat sedang digunakan. Namun, suhu ini dapat bervariasi tergantung pada spesifikasi komputer atau laptop kamu.

2. Apakah suhu CPU yang terlalu tinggi berbahaya?

Ya, suhu CPU yang terlalu tinggi dapat berbahaya bagi kinerja komputer atau laptop kamu. Suhu yang terlalu tinggi dapat menyebabkan throttling, yaitu proses penurunan kecepatan prosesor untuk menjaga suhu tetap stabil. Hal ini dapat mengakibatkan performa yang menurun dan bahkan kerusakan pada komponen lainnya.

Baca Juga :  cara cek ram komputer

3. Bagaimana cara mendinginkan suhu CPU?

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendinginkan suhu CPU antara lain:

  • Bersihkan kipas pendingin secara berkala.
  • Pastikan ventilasi komputer atau laptop tidak terhalang.
  • Gunakan cooling pad untuk laptop.
  • Pastikan pasta thermal pada prosesor masih baik.

4. Apakah ada software untuk mengontrol suhu CPU?

Ya, beberapa software seperti MSI Afterburner dan SpeedFan dapat digunakan untuk mengontrol suhu CPU. Dengan menggunakan software ini, kamu dapat mengatur kecepatan kipas pendingin secara manual untuk menjaga suhu CPU tetap stabil.

5. Mengapa suhu CPU terus meningkat saat digunakan?

Suhu CPU yang terus meningkat saat digunakan dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

  • Terlalu banyak program yang berjalan secara bersamaan.
  • Kipas pendingin yang tidak berfungsi dengan baik.
  • Pasta thermal yang sudah kering atau tidak merata.

Terimakasih telah mengikuti info terbaru dari Lintasyogya.com dan sampai jumpa kembali di artikel atau info menarik lainnya.