LintasYogya | cara cek spek pc

cara cek spek pc

Hai, Salam Sobat Lintasyogya! Apakah kamu ingin mengetahui cara cek spek PC dengan santai dan unik? Jika iya, kamu berada di tempat yang tepat! Pada artikel ini, kami akan memberikan 20 consecutive headings yang akan membantu kamu dalam mengecek spek PC dengan mudah. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

1. Menggunakan Command Prompt

Untuk memulai, kamu bisa membuka Command Prompt dengan menekan tombol “Windows + R” dan kemudian mengetik “cmd”. Setelah itu, tekan Enter.

1.1. Menjalankan Command dxdiag

Selanjutnya, kamu dapat menjalankan perintah “dxdiag” pada Command Prompt. Perintah ini akan menampilkan informasi lengkap tentang spesifikasi PC kamu.

2. Melalui Pengaturan Windows

Jika kamu lebih nyaman menggunakan antarmuka grafis, kamu bisa mencoba cara ini. Pertama, buka Pengaturan Windows dengan menekan tombol “Windows + I”.

2.1. Masuk ke Bagian “Sistem”

Setelah itu, pilih opsi “Sistem” dari menu Pengaturan Windows.

3. Menggunakan Aplikasi Speccy

Jika kamu ingin mendapatkan informasi yang lebih detail tentang spek PC kamu, kamu bisa menggunakan aplikasi Speccy. Kamu dapat mengunduhnya dari situs resminya dan menginstalnya di PC kamu.

3.1. Menjalankan Aplikasi Speccy

Setelah menginstal aplikasi Speccy, kamu bisa menjalankannya dan melihat informasi lengkap tentang komponen PC kamu, seperti prosesor, RAM, kartu grafis, dan lain-lain.

4. Menggunakan AIDA64

AIDA64 adalah aplikasi lain yang bisa kamu gunakan untuk mengecek spek PC dengan mudah. Kamu bisa mengunduhnya dari situs resminya dan menginstalnya di PC kamu.

4.1. Menjalankan AIDA64

Setelah menginstal AIDA64, buka aplikasi tersebut dan kamu akan melihat informasi lengkap tentang spesifikasi PC kamu.

5. Melalui BIOS

Jika kamu ingin mengecek spek PC sebelum sistem operasi Windows dimuat, kamu bisa melakukannya melalui BIOS. Caranya adalah dengan memulai ulang PC kamu dan menekan tombol yang ditentukan untuk masuk ke BIOS.

5.1. Menemukan Informasi tentang PC

Setelah masuk ke BIOS, kamu dapat mencari opsi atau menu yang berisi informasi tentang spek PC kamu.

6. Menggunakan CPU-Z

Salah satu aplikasi yang terkenal untuk mengecek spek PC adalah CPU-Z. Kamu dapat mengunduhnya dan menginstalnya di PC kamu.

Baca Juga :  Mengenal Linux Server Hosting

6.1. Menjalankan CPU-Z

Jalankan aplikasi CPU-Z dan kamu akan melihat informasi lengkap tentang spesifikasi PC kamu, seperti prosesor, RAM, kartu grafis, dan lain-lain.

7. Melalui Device Manager

Jika kamu ingin mengetahui informasi tentang perangkat keras yang terpasang di PC kamu, kamu bisa melakukannya melalui Device Manager.

7.1. Membuka Device Manager

Untuk membuka Device Manager, tekan tombol “Windows + X” dan pilih opsi “Device Manager” dari menu yang muncul.

8. Menggunakan Speccy Online

Jika kamu tidak ingin menginstal aplikasi di PC kamu, kamu bisa menggunakan Speccy Online. Kamu hanya perlu membuka situs web Speccy Online dan mengizinkan akses ke komponen PC kamu.

8.1. Membuka Speccy Online

Kunjungi situs web Speccy Online dan ikuti instruksi yang diberikan untuk melihat informasi spek PC kamu secara online.

9. Melalui Task Manager

Task Manager tidak hanya berguna untuk mengelola proses yang berjalan di PC kamu, tetapi juga dapat memberikan informasi tentang spek PC kamu.

9.1. Membuka Task Manager

Untuk membuka Task Manager, tekan kombinasi tombol “Ctrl + Shift + Esc”. Setelah itu, pilih opsi “Lebih Detail” atau “More Details” (tergantung pada versi Windows yang kamu gunakan).

10. Menggunakan GPU-Z

Jika kamu ingin mengetahui informasi yang spesifik tentang kartu grafis kamu, kamu bisa menggunakan aplikasi GPU-Z.

10.1. Menjalankan GPU-Z

Jalankan aplikasi GPU-Z dan kamu akan melihat informasi lengkap tentang kartu grafis kamu, termasuk model, clock speed, dan lain-lain.

11. Melalui System Information

Windows juga menyediakan utilitas bawaan yang disebut “System Information” yang dapat memberikan informasi lengkap tentang spek PC kamu.

11.1. Membuka System Information

Untuk membuka System Information, tekan tombol “Windows + R” dan ketik “msinfo32”. Setelah itu, tekan Enter.

12. Menggunakan HWiNFO

HWiNFO adalah aplikasi lain yang dapat digunakan untuk mengecek spek PC dengan mudah. Kamu dapat mengunduhnya dari situs resminya dan menginstalnya di PC kamu.

Baca Juga :  Pengertian layanan google website hosting

12.1. Menjalankan HWiNFO

Setelah menginstal HWiNFO, jalankan aplikasi tersebut dan kamu akan melihat informasi lengkap tentang spesifikasi PC kamu.

13. Melalui System Properties

Windows juga menyediakan opsi untuk melihat informasi spek PC melalui System Properties.

13.1. Membuka System Properties

Untuk membuka System Properties, tekan tombol “Windows + Pause/Break”. Setelah itu, kamu akan melihat informasi dasar tentang PC kamu.

14. Menggunakan SIW

SIW (System Information for Windows) adalah aplikasi lain yang dapat memberikan informasi lengkap tentang spek PC kamu.

14.1. Menjalankan SIW

Setelah mengunduh dan menginstal SIW, jalankan aplikasi tersebut dan kamu akan melihat informasi lengkap tentang spesifikasi PC kamu.

15. Melalui Windows PowerShell

Windows PowerShell adalah antarmuka baris perintah yang kuat yang dapat digunakan untuk mengecek spek PC.

15.1. Membuka Windows PowerShell

Untuk membuka Windows PowerShell, tekan tombol “Windows + X” dan pilih opsi “Windows PowerShell” atau “Windows PowerShell (Admin)”.

16. Menggunakan Belarc Advisor

Belarc Advisor adalah aplikasi lain yang dapat memberikan informasi lengkap tentang spek PC kamu. Kamu dapat mengunduhnya dari situs resminya dan menginstalnya di PC kamu.

16.1. Menjalankan Belarc Advisor

Setelah menginstal Belarc Advisor, jalankan aplikasi tersebut dan kamu akan melihat informasi lengkap tentang spesifikasi PC kamu.

17. Melalui Registry Editor

Jika kamu ingin mengecek spek PC dengan menggunakan Registry Editor, kamu perlu berhati-hati karena mengedit Registry dapat berdampak pada stabilitas sistem.

17.1. Membuka Registry Editor

Untuk membuka Registry Editor, tekan tombol “Windows + R” dan ketik “regedit”. Setelah itu, tekan Enter.

18. Menggunakan SIW Portable

Jika kamu tidak ingin menginstal aplikasi di PC kamu, kamu bisa menggunakan SIW Portable. Kamu hanya perlu mengunduh versi portabelnya dan menjalankannya.

18.1. Menjalankan SIW Portable

Jalankan SIW Portable dan kamu akan melihat informasi lengkap tentang spesifikasi PC kamu.

19. Melalui Windows Management Instrumentation Command-Line (WMIC)

WMIC adalah utilitas baris perintah yang dapat memberikan informasi tentang berbagai aspek PC kamu, termasuk spesifikasi hardware.

Baca Juga :  Pelajari alasan dan cara menangani laptop HANG

19.1. Membuka WMIC

Untuk membuka WMIC, buka Command Prompt dengan cara yang telah dijelaskan sebelumnya. Kemudian, ketik “wmic” dan tekan Enter.

20. Menggunakan Wireshark

Wireshark adalah aplikasi yang biasanya digunakan untuk menganalisis lalu lintas jaringan, tetapi juga dapat memberikan informasi tentang spek PC kamu.

20.1. Menjalankan Wireshark

Setelah mengunduh dan menginstal Wireshark, jalankan aplikasi tersebut dan kamu akan melihat informasi lengkap tentang spesifikasi PC kamu.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

1. Apakah semua metode di atas dapat digunakan di semua versi Windows?

Ya, sebagian besar metode di atas dapat digunakan di semua versi Windows, tetapi ada beberapa perbedaan kecil dalam tampilan atau langkah-langkah yang mungkin berbeda di setiap versi.

2. Apakah ada aplikasi yang dapat memberikan informasi yang lebih detail tentang spek PC?

Ya, aplikasi seperti Speccy, AIDA64, CPU-Z, dan GPU-Z dapat memberikan informasi yang sangat detail tentang spek PC kamu.

3. Bisakah saya mengecek spek PC orang lain dengan metode di atas?

Tergantung pada izin yang diberikan oleh pemilik PC, kamu mungkin dapat mengecek spek PC orang lain dengan metode di atas.

4. Apakah ada risiko dalam menggunakan beberapa metode di atas?

Sebagian besar metode di atas tidak berisiko, tetapi jika kamu tidak hati-hati saat mengedit Registry atau menggunakan perintah yang tidak diketahui, dapat mempengaruhi stabilitas sistem kamu.

5. Apakah ada metode lain untuk mengecek spek PC?

Ya, terdapat beberapa metode lain untuk mengecek spek PC, tetapi metode-metode di atas adalah yang paling umum dan mudah digunakan.

Kesimpulan

Itulah 20 cara cek spek PC dengan santai dan unik. Kamu dapat memilih metode yang paling sesuai dengan preferensi dan kebutuhan kamu. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin mengetahui spek PC dengan mudah. Terimakasih telah mengikuti info terbaru dari Lintasyogya.com dan sampai jumpa kembali di artikel atau info menarik lainnya.