LintasYogya | cara cek psu di pc

cara cek psu di pc

Hai, Salam Sobat Lintasyogya! Kamu pasti pernah mengalami masalah dengan PC yang tiba-tiba mati atau restart sendiri, bukan? Nah, salah satu penyebab utama dari masalah tersebut adalah PSU (Power Supply Unit) yang bermasalah. PSU yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan kerusakan pada komponen lain di dalam PC.

Untuk itu, kali ini Lintasyogya akan berbagi cara cek PSU di PC dengan mudah dan santai. Dengan langkah-langkah yang sederhana ini, kamu bisa mengetahui apakah PSU di PC kamu masih berfungsi dengan baik atau sudah waktunya untuk menggantinya. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

1. Persiapan Awal

Sebelum memulai proses pengecekan, ada beberapa persiapan awal yang perlu kamu lakukan:

  1. Matikan PC kamu dan cabut kabel power dari stopkontak. Pastikan PC tidak dalam keadaan menyala atau terhubung dengan sumber listrik.
  2. Bersihkan PC dari debu dan kotoran dengan kuas atau blower. Pastikan tidak ada kabel yang terjepit atau kabel yang terlilit di dalam PC.

2. Mengecek Kondisi Kabel Power

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah memeriksa kondisi kabel power pada PSU. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Periksa apakah kabel power terhubung dengan baik pada PSU dan stopkontak.
  2. Periksa apakah ada kerusakan atau kabel yang terkelupas pada kabel power. Jika ditemukan kerusakan, sebaiknya ganti kabel power yang baru.

3. Mengecek Tegangan PSU dengan Multimeter

Setelah memeriksa kabel power, langkah selanjutnya adalah mengecek tegangan PSU dengan menggunakan multimeter. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Siapkan multimeter dan atur pada mode DC Volt.
  2. Sambungkan ujung merah multimeter ke kabel power yang masuk ke motherboard (biasanya berwarna kuning).
  3. Sambungkan ujung hitam multimeter ke kabel ground (biasanya berwarna hitam).
  4. Nyalakan PC dan perhatikan hasil pembacaan pada multimeter. Tegangan yang normal adalah sekitar 12V, namun bisa bervariasi tergantung spesifikasi PSU yang digunakan.
Baca Juga :  Pengertian layanan google website hosting

4. Mengecek Fan pada PSU

Selain mengecek tegangan, kamu juga perlu memeriksa kinerja fan pada PSU. Fan yang tidak berputar atau berputar dengan lambat dapat menjadi tanda bahwa PSU mengalami masalah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Hidupkan PC dan perhatikan apakah fan pada PSU berputar dengan normal.
  2. Jika fan tidak berputar atau berputar dengan lambat, sebaiknya ganti PSU yang baru.

5. Mengecek Suara yang Dihasilkan oleh PSU

Selain memeriksa tegangan dan fan, kamu juga perlu memeriksa suara yang dihasilkan oleh PSU. Suara berisik atau tidak wajar dapat menjadi tanda bahwa PSU mengalami masalah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Hidupkan PC dan perhatikan apakah ada suara yang tidak wajar yang berasal dari PSU.
  2. Jika ada suara yang berisik atau tidak wajar, sebaiknya ganti PSU yang baru.

6. Mengganti PSU

Jika setelah melakukan pengecekan, PSU di PC kamu dinyatakan bermasalah, maka langkah terakhir yang perlu kamu lakukan adalah mengganti PSU dengan yang baru. Pastikan memilih PSU yang sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi PC kamu.

Jangan lupa untuk mematikan PC dan mencabut kabel power sebelum mengganti PSU. Pasang PSU yang baru dengan hati-hati dan pastikan semua kabel terhubung dengan baik pada motherboard dan komponen lainnya.

Kesimpulan

Itulah cara cek PSU di PC dengan mudah dan santai. Dengan melakukan langkah-langkah di atas, kamu bisa mengetahui apakah PSU di PC kamu masih berfungsi dengan baik atau sudah waktunya untuk menggantinya. Jika PSU mengalami masalah, sebaiknya segera ganti dengan yang baru agar tidak berdampak pada kerusakan komponen lain di dalam PC.

Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang cara cek PSU di PC, jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan melalui FAQ di bawah ini:

Baca Juga :  Google Cloud Hosting Free

FAQ

Pertanyaan Jawaban
Apakah PSU perlu diganti secara berkala? Secara umum, PSU tidak perlu diganti secara berkala. Namun, jika PSU sudah tua atau mengalami masalah, sebaiknya ganti dengan yang baru.
Berapa lama umur PSU? Umur PSU bisa berbeda-beda tergantung dari merk dan kualitasnya. Namun, umumnya PSU memiliki umur sekitar 3-5 tahun.
Apakah semua PSU kompatibel dengan semua PC? Tidak semua PSU kompatibel dengan semua PC. Pastikan memilih PSU yang sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi PC kamu.
Apakah bisa PSU menyebabkan PC mati sendiri? Ya, PSU yang bermasalah dapat menyebabkan PC mati sendiri atau restart secara tiba-tiba.

Terimakasih telah mengikuti info terbaru dari Lintasyogya.com dan sampai jumpa kembali di artikel atau info menarik lainnya.