LintasYogya | cara cek pkh lewat hp
cara cek pkh lewat hp

cara cek pkh lewat hp

Hai, Salam Sobat Lintasyogya! Apakah kamu seorang penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH)? Jika iya, pasti kamu ingin tahu bagaimana cara cek PKH dengan mudah dan praktis, bukan?

Kenapa Harus Cek PKH?

Sebagai penerima bantuan PKH, penting bagi kamu untuk melakukan pengecekan secara rutin. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa kamu masih memenuhi syarat sebagai penerima bantuan. Selain itu, dengan melakukan cek PKH, kamu juga bisa mengetahui apakah ada perubahan dalam jumlah bantuan yang kamu terima.

Bagaimana Cara Cek PKH Lewat HP?

1. Menggunakan Aplikasi PKH

Salah satu cara tercepat dan termudah untuk cek PKH lewat HP adalah dengan menggunakan aplikasi PKH. Kamu bisa mendownload aplikasi ini secara gratis melalui Google Play Store atau App Store. Setelah mengunduh aplikasi, kamu tinggal mengikuti langkah-langkah yang tertera di dalamnya untuk melakukan pengecekan.

2. Melalui Website Resmi PKH

Jika kamu tidak ingin mengunduh aplikasi tambahan di HP mu, kamu juga bisa melakukan pengecekan PKH melalui website resmi PKH. Caranya cukup sederhana, cukup buka browser di HP mu dan kunjungi website resmi PKH. Setelah itu, kamu akan diminta untuk mengisi beberapa data pribadi untuk melakukan verifikasi.

3. Menghubungi Call Center PKH

Jika kamu tidak memiliki akses internet atau kesulitan mengakses aplikasi maupun website PKH, kamu tetap bisa melakukan pengecekan PKH melalui telepon. Kamu bisa menghubungi Call Center PKH di nomor 123 atau nomor yang tertera pada kartu PKH mu. Berikan data diri yang diminta oleh petugas untuk memastikan keaslian informasi yang kamu berikan.

Tabel Pengecekan PKH

No Dokumen yang Diperlukan Keterangan
1 Kartu Keluarga (KK) Diperlukan untuk memastikan status keanggotaan keluarga
2 Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) Diperlukan sebagai bukti ketidakmampuan ekonomi keluarga
3 Kartu Identitas (KTP/NIK) Diperlukan untuk memverifikasi identitas penerima bantuan
4 Bukti Kepemilikan Rumah Diperlukan untuk memastikan status kepemilikan tempat tinggal
Baca Juga :  cara cek ram hp

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah PKH hanya diberikan kepada keluarga miskin?

Tidak. PKH diberikan kepada keluarga yang memenuhi kriteria dan syarat yang ditentukan oleh pemerintah. Bantuan ini tidak hanya diberikan kepada keluarga miskin, tetapi juga pada keluarga yang membutuhkan.

2. Berapa kali dalam setahun pengecekan PKH harus dilakukan?

Pengecekan PKH harus dilakukan setiap 6 bulan sekali. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa bantuan yang diberikan tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan penerima.

3. Apakah PKH bisa dicairkan melalui HP?

Tidak. PKH tidak bisa dicairkan melalui HP atau transfer langsung ke rekening penerima. Biasanya, bantuan PKH dicairkan melalui Kantor Pos atau bank yang bekerja sama dengan program ini.

4. Jika terjadi perubahan data, apa yang harus dilakukan?

Jika ada perubahan data seperti alamat, status perkawinan, atau jumlah anggota keluarga, kamu harus segera melaporkannya ke kantor atau petugas PKH terdekat. Perubahan data ini dapat mempengaruhi jumlah bantuan yang kamu terima.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara cek PKH lewat HP yang mudah, praktis, dan cepat. Kamu bisa memilih salah satu metode yang paling sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan lupa untuk melakukan pengecekan secara rutin dan melaporkan perubahan data agar bantuan PKH yang kamu terima tetap tepat sasaran. Terimakasih telah mengikuti info terbaru dari Lintasyogya.com dan sampai jumpa kembali di artikel atau info menarik lainnya.