LintasYogya | cara cek lcd hp
cara cek lcd hp

cara cek lcd hp

Hai, Salam Sobat Lintasyogya! Apakah sobat pernah mengalami masalah dengan layar LCD HP yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik? Jika iya, jangan khawatir karena pada artikel kali ini kita akan membahas tentang cara cek LCD HP dengan santai dan unik. Dengan mengetahui cara yang tepat, sobat bisa mengetahui apakah masalah yang terjadi pada HP sobat disebabkan oleh kerusakan pada LCD atau bukan. So, simak artikel ini sampai selesai ya!

Persiapan Sebelum Memulai Pengecekan

  1. Periksa Kondisi Fisik HP
  2. Sebelum memulai proses pengecekan LCD HP, pastikan terlebih dahulu bahwa kondisi fisik HP sobat dalam keadaan baik. Periksa apakah terdapat goresan atau pecahan pada layar. Jika iya, kemungkinan besar masalah yang terjadi adalah kerusakan pada LCD. Namun, jika tidak ada kerusakan fisik yang terlihat, masalah yang terjadi bisa jadi disebabkan oleh faktor lain.

  3. Siapkan Alat-alat yang Diperlukan
  4. Untuk melakukan cek LCD HP, sobat perlu menyiapkan beberapa alat yang diperlukan. Beberapa alat yang bisa disiapkan antara lain: kain lembut, tisu, obeng kecil, dan senter. Dengan alat-alat tersebut, sobat akan lebih mudah dalam melakukan pengecekan dan membersihkan LCD HP.

Cara Cek LCD HP yang Efektif

  1. Langkah 1: Nyalakan HP
  2. Langkah pertama yang perlu sobat lakukan adalah menyalakan HP sobat. Pastikan HP dalam keadaan menyala dengan normal.

  3. Langkah 2: Periksa Layar LCD
  4. Setelah HP menyala, perhatikan dengan teliti layar LCD HP sobat. Perhatikan apakah ada garis-garis vertikal atau horizontal yang muncul. Jika ada garis-garis tersebut, kemungkinan besar LCD HP mengalami kerusakan. Namun, jika tidak ada garis-garis yang terlihat, maka masalah bisa jadi disebabkan oleh faktor lain.

  5. Langkah 3: Cek Responsivitas Layar
  6. Selanjutnya, sobat perlu melakukan pengecekan terhadap responsivitas layar. Sentuh dan gesekkan layar dengan jari secara perlahan. Perhatikan apakah layar merespons dengan baik atau tidak. Jika layar tidak merespons atau merespons dengan tidak normal, kemungkinan besar ada masalah pada LCD HP sobat.

  7. Langkah 4: Cek Suhu Layar
  8. Untuk mengecek suhu layar HP, sobat bisa menggunakan tangan atau senter. Sentuh layar dengan tangan atau arahkan senter ke layar. Jika layar terasa panas atau ada perubahan suhu yang tidak wajar, bisa jadi ada masalah pada LCD HP.

  9. Langkah 5: Cek Layar dengan Warna Putih
  10. Untuk memastikan apakah ada dead pixel atau tidak, sobat bisa menggunakan layar berwarna putih. Buka aplikasi galeri atau gambar yang berwarna putih, kemudian perhatikan apakah ada titik-titik hitam atau bercak-bercak gelap yang terlihat. Jika ada, maka LCD HP mengalami masalah dead pixel.

Baca Juga :  cek hp oppo

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah cek LCD HP bisa dilakukan sendiri?

Iya, cek LCD HP bisa dilakukan sendiri dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas. Namun, jika sobat merasa tidak yakin atau tidak memiliki pengetahuan yang cukup, sebaiknya minta bantuan dari teknisi profesional.

2. Apa penyebab rusaknya LCD HP?

LCD HP bisa rusak karena beberapa faktor, seperti jatuh, terkena air, tekanan yang berlebihan, atau usia penggunaan yang sudah lama.

3. Apa langkah yang harus diambil jika LCD HP rusak?

Jika LCD HP rusak, sobat bisa membawanya ke pusat layanan resmi HP atau teknisi terpercaya untuk diperbaiki. Namun, jika kerusakan LCD terlalu parah, mungkin saja perlu mengganti LCD HP dengan yang baru.

4. Berapa biaya yang diperlukan untuk mengganti LCD HP?

Biaya penggantian LCD HP bergantung pada merek dan tipe HP yang sobat miliki. Harga LCD HP juga bisa bervariasi tergantung pada tempat dan teknisi yang sobat gunakan.

5. Apakah garansi HP mencakup kerusakan pada LCD?

Garis besar garansi HP biasanya mencakup kerusakan pada LCD, namun ada beberapa syarat dan ketentuan yang perlu diperhatikan. Pastikan untuk membaca dengan teliti syarat dan ketentuan garansi HP yang sobat miliki.

Terimakasih telah mengikuti info terbaru dari Lintasyogya.com dan sampai jumpa kembali di artikel atau info menarik lainnya.