LintasYogya | cara cek keaslian hp oppo
cara cek keaslian hp oppo

cara cek keaslian hp oppo

Hai, Salam Sobat Lintasyogya! Apakah kamu sedang memiliki HP Oppo dan ingin memastikan keasliannya? Jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara cek keaslian HP Oppo dengan mudah dan tepat. Sebagai pengguna Oppo yang cerdas, tentu kamu perlu mengetahui cara untuk memastikan bahwa HP Oppo yang kamu miliki adalah asli bukan?

1. Periksa Kemasan dan Label

Ketika kamu membeli HP Oppo, langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah memeriksa kemasan dan label yang terdapat pada kotaknya. Pastikan bahwa kemasan tidak rusak atau terbuka, serta label yang terdapat pada kotak tersebut terlihat jelas dan tidak ada tanda-tanda pemalsuan.

1.1. Kemasan yang Rapi dan Tersegel

Sebuah HP Oppo asli biasanya memiliki kemasan yang rapi dan tersegel dengan baik. Jika kamu menemukan kemasan yang kusut, sobek, atau terbuka, kemungkinan besar HP tersebut bukanlah asli.

1.2. Cek Label IMEI

IMEI adalah kode unik yang digunakan untuk mengidentifikasi setiap ponsel. Pada kemasan HP Oppo, terdapat label IMEI yang dapat kamu periksa. Pastikan bahwa label IMEI pada kemasan sama dengan label IMEI yang terdapat pada HP Oppo yang kamu miliki.

2. Cek Situs Resmi Oppo

Langkah selanjutnya adalah dengan mengunjungi situs resmi Oppo untuk memeriksa keaslian HP Oppo kamu. Di situs resmi Oppo, terdapat fitur cek keaslian yang bisa kamu gunakan untuk memastikan apakah HP Oppo kamu merupakan produk asli atau tidak.

2.1. Kunjungi Situs Resmi Oppo

Buka browser di HP atau komputer kamu, kemudian kunjungi situs resmi Oppo. Pada halaman utama situs resmi Oppo, kamu akan menemukan opsi “Cek Keaslian” atau “Verify Authenticity”. Klik opsi tersebut untuk melanjutkan proses pengecekan.

Baca Juga :  cek resi pos lewat hp

2.2. Masukkan Kode Verifikasi

Setelah kamu mengklik opsi “Cek Keaslian”, kamu akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi yang terdapat pada kemasan HP Oppo kamu. Ketikkan kode verifikasi dengan hati-hati dan pastikan tidak ada kesalahan pengetikan.

2.3. Periksa Hasil Verifikasi

Setelah kamu memasukkan kode verifikasi, situs resmi Oppo akan melakukan verifikasi keaslian HP Oppo kamu. Tunggu beberapa saat hingga proses verifikasi selesai, dan kemudian situs akan menampilkan hasil verifikasi.

3. Cek Fisik HP Oppo

Langkah berikutnya adalah dengan memeriksa fisik HP Oppo kamu secara detail. Sebuah HP Oppo asli biasanya memiliki ciri-ciri fisik tertentu yang membedakannya dengan produk palsu. Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat memeriksa fisik HP Oppo kamu:

3.1. Kualitas dan Ketajaman Layar

Periksa kualitas dan ketajaman layar HP Oppo kamu. Sebuah HP Oppo asli biasanya memiliki layar yang jernih, tajam, dan tidak ada titik-titik atau garis-garis yang mengganggu tampilan.

3.2. Tactile Button

Perhatikan tactile button pada HP Oppo kamu. Sebuah HP Oppo asli biasanya memiliki tactile button yang responsif dan tidak ada ketidakcocokan antara tombol dengan fungsi yang seharusnya dilakukan.

4. Cek Keaslian Baterai

Keaslian baterai juga merupakan hal penting yang perlu kamu periksa. Sebuah HP Oppo asli biasanya dilengkapi dengan baterai yang berkualitas dan memiliki kapasitas yang sesuai dengan yang tertera pada spesifikasi produk.

4.1. Periksa Kode dan Serial Number Baterai

Pastikan bahwa kode dan serial number yang terdapat pada baterai HP Oppo kamu sesuai dengan yang tertera pada kemasan atau label IMEI yang terdapat pada HP Oppo tersebut.

4.2. Cek Kualitas Baterai

Perhatikan kualitas baterai HP Oppo kamu. Sebuah baterai asli biasanya memiliki kualitas yang baik, tidak ada bengkak atau kebocoran, serta daya tahan yang sesuai dengan yang dijanjikan pada spesifikasi produk.

Baca Juga :  cara cek hp oppo a37f

5. Cek Sistem Operasi

Terakhir, kamu juga dapat memeriksa sistem operasi yang terdapat pada HP Oppo kamu. Sebuah HP Oppo asli biasanya menggunakan sistem operasi ColorOS yang merupakan sistem operasi resmi yang dikembangkan oleh Oppo.

5.1. Periksa Versi Sistem Operasi

Pastikan bahwa versi sistem operasi yang terdapat pada HP Oppo kamu adalah versi resmi ColorOS. Kamu dapat memeriksa versi sistem operasi dengan masuk ke menu “Pengaturan” > “Tentang Ponsel” > “Versi ColorOS”.

5.2. Periksa Fitur dan Tampilan ColorOS

Perhatikan fitur dan tampilan yang terdapat pada ColorOS. Sebuah HP Oppo asli biasanya memiliki fitur-fitur dan tampilan yang khas dari ColorOS, seperti theme store, gesture navigation, dan tampilan ikon yang unik.

5.3. Cek Kode QR di Pengaturan

Terakhir, kamu juga dapat memeriksa keaslian HP Oppo kamu dengan memindai kode QR yang terdapat pada menu “Pengaturan” > “Tentang Ponsel” > “Kode QR Keaslian”. Jika kode QR tersebut valid, maka HP Oppo kamu dapat dipastikan asli.

FAQ (Pertanyaan Umum Mengenai Cek Keaslian HP Oppo)

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum yang sering ditanyakan mengenai cara cek keaslian HP Oppo:

  1. Apakah semua HP Oppo bisa dicek keasliannya?
  2. Ya, semua HP Oppo dapat dicek keasliannya menggunakan metode yang telah dijelaskan di atas.

  3. Apakah cek keaslian HP Oppo dapat dilakukan secara online?
  4. Ya, cek keaslian HP Oppo dapat dilakukan secara online melalui situs resmi Oppo.

  5. Berapa lama proses verifikasi keaslian HP Oppo?
  6. Proses verifikasi keaslian HP Oppo biasanya hanya membutuhkan waktu beberapa detik hingga beberapa menit.

  7. Apa yang harus dilakukan jika HP Oppo tidak terbukti asli?
  8. Jika HP Oppo kamu tidak terbukti asli, sebaiknya segera hubungi pihak penjual atau layanan pelanggan Oppo untuk mendapatkan solusi yang tepat.

  9. Apa saja ciri fisik HP Oppo asli?
  10. Ciri fisik HP Oppo asli antara lain kemasan yang rapi dan tersegel, layar yang jernih dan tajam, tactile button yang responsif, serta baterai berkualitas tanpa bengkak atau kebocoran.

Baca Juga :  cara cek pkh lewat hp

Kesimpulan

Dengan mengikuti panduan yang telah kami berikan di atas, kamu dapat dengan mudah dan tepat memastikan keaslian HP Oppo yang kamu miliki. Selalu periksa kemasan dan label, cek situs resmi Oppo, periksa fisik HP Oppo, cek keaslian baterai, dan periksa sistem operasi untuk mendapatkan kepastian bahwa HP Oppo kamu adalah produk asli. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati saat membeli HP Oppo agar tidak tertipu dengan produk palsu. Terimakasih telah mengikuti info terbaru dari Lintasyogya.com dan sampai jumpa kembali di artikel atau info menarik lainnya.