LintasYogya | cara cek hp realme bekas
cara cek hp realme bekas

cara cek hp realme bekas

Hai, Salam Sobat Lintasyogya! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara cek HP Realme bekas dengan santai dan unik. Realme merupakan salah satu brand smartphone yang cukup populer di Indonesia. Banyak orang yang mencari HP Realme bekas dengan harga yang lebih terjangkau. Namun, sebelum membeli HP Realme bekas, ada beberapa hal yang perlu Sobat Lintasyogya perhatikan agar tidak kecewa di kemudian hari. Berikut ini adalah cara cek HP Realme bekas yang bisa Sobat Lintasyogya lakukan:

1. Periksa Fisik dan Kondisi Luar

Langkah pertama yang harus Sobat Lintasyogya lakukan adalah memeriksa fisik dan kondisi luar HP Realme bekas tersebut. Pastikan tidak ada kerusakan atau cacat pada body HP seperti goresan, retak, atau baret yang signifikan. Perhatikan juga tombol-tombol fisik apakah berfungsi dengan baik atau tidak.

1.1 Cek Layar

Periksa layar HP Realme bekas tersebut apakah ada bekas goresan atau retak. Nyalakan HP dan perhatikan apakah layar berfungsi dengan baik atau ada dead pixel.

1.2 Cek Body

Periksa body HP Realme bekas tersebut apakah ada bekas goresan, retak, atau baret yang signifikan. Pastikan juga tidak ada bagian body yang longgar atau copot.

2. Periksa Kinerja dan Sistem Operasi

Selanjutnya, Sobat Lintasyogya perlu memeriksa kinerja dan sistem operasi dari HP Realme bekas tersebut. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

2.1 Cek Kinerja

Nyalakan HP Realme bekas tersebut dan perhatikan apakah kinerjanya lancar. Buka beberapa aplikasi dan game untuk menguji performa HP tersebut.

2.2 Cek Sistem Operasi

Periksa versi sistem operasi yang digunakan pada HP Realme bekas tersebut. Pastikan sistem operasinya sudah terupdate ke versi yang terbaru untuk mendapatkan fitur-fitur terbaru dan keamanan yang lebih baik.

3. Periksa Kualitas Kamera

Bagi sebagian orang, kualitas kamera pada HP Realme bekas juga merupakan hal yang penting. Berikut ini adalah cara cek kualitas kamera pada HP Realme bekas:

3.1 Cek Kamera Belakang

Buka aplikasi kamera pada HP Realme bekas tersebut dan periksa kualitas gambar yang dihasilkan. Pastikan tidak ada noda atau warna yang aneh pada gambar.

Baca Juga :  cara cek imei hp iphone

3.2 Cek Kamera Depan

Gunakan fitur kamera depan pada HP Realme bekas tersebut dan periksa kualitas gambar yang dihasilkan. Pastikan tidak ada noda atau warna yang aneh pada gambar selfie.

4. Periksa Baterai

Terakhir, Sobat Lintasyogya perlu memeriksa kondisi baterai pada HP Realme bekas tersebut. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

4.1 Cek Daya Tahan Baterai

Nyalakan HP Realme bekas tersebut dan lihat berapa lama baterai bisa bertahan saat penggunaan normal. Baterai yang masih bagus seharusnya bisa bertahan minimal 1-2 jam saat digunakan secara intensif.

4.2 Cek Kondisi Fisik Baterai

Periksa kondisi fisik baterai pada HP Realme bekas tersebut. Pastikan tidak ada baterai yang membengkak atau bocor.

4.3 Cek Pengisian Baterai

Cek juga proses pengisian baterai pada HP Realme bekas tersebut. Pastikan baterai dapat terisi penuh dalam waktu yang wajar dan tidak ada masalah saat proses pengisian.

Tabel Perbandingan HP Realme Bekas

No Model Harga Kondisi
1 Realme 5 Pro Rp2.000.000 Bagus
2 Realme 6 Rp2.500.000 Sedang
3 Realme X2 Pro Rp3.500.000 Buruk

Pertanyaan yang Sering Diajukan

1. Apakah Garansi Masih Berlaku?

Untuk HP Realme bekas, garansi biasanya sudah tidak berlaku lagi. Namun, pastikan untuk bertanya kepada penjual apakah HP tersebut masih memiliki garansi atau tidak.

2. Apakah Bisa Dicoba Terlebih Dahulu Sebelum Membeli?

Sebaiknya, sebelum membeli HP Realme bekas, Sobat Lintasyogya mencoba HP tersebut terlebih dahulu. Hal ini untuk memastikan bahwa semua fitur berfungsi dengan baik.

3. Apakah Bisa Mengembalikan HP Jika Ada Kerusakan Setelah Membeli?

Kebijakan pengembalian HP Realme bekas setelah pembelian biasanya berbeda-beda tergantung dari kebijakan penjual. Pastikan untuk menanyakan hal ini kepada penjual sebelum membeli.

4. Apa Saja Aksesoris yang Harus Saya Dapatkan?

Pada umumnya, saat membeli HP Realme bekas, Anda akan mendapatkan kotak lengkap dengan aksesoris seperti charger, kabel data, dan earphone. Pastikan semua aksesoris tersebut ada dan berfungsi dengan baik.

5. Bagaimana Cara Mengecek IMEI HP Realme Bekas?

Untuk mengecek IMEI HP Realme bekas, Anda dapat membuka aplikasi “Pengaturan” lalu masuk ke menu “Tentang Ponsel” atau “About Phone”. Di sana, Anda akan menemukan informasi tentang IMEI HP Realme bekas tersebut.

Baca Juga :  cek harga laptop hp

6. Apakah Bisa Membeli HP Realme Bekas Secara Online?

Tentu saja, Anda dapat membeli HP Realme bekas secara online. Namun, pastikan untuk bertransaksi dengan penjual yang terpercaya dan membaca deskripsi produk dengan seksama sebelum membeli.

7. Apakah Bisa Membeli HP Realme Bekas di Tempat Lelang?

Anda juga dapat membeli HP Realme bekas di tempat lelang. Namun, pastikan untuk melakukan pengecekan kondisi HP dengan seksama sebelum membeli dan mengetahui kebijakan pengembalian jika terdapat masalah.

8. Apakah Bisa Membeli HP Realme Bekas di Toko Elektronik?

Toko elektronik juga sering menjual HP Realme bekas. Namun, pastikan untuk memilih toko elektronik yang terpercaya dan memiliki kebijakan pengembalian yang jelas jika terjadi masalah.

9. Bagaimana Cara Mengetahui Tahun Pembuatan HP Realme Bekas?

Informasi tentang tahun pembuatan HP Realme bekas dapat ditemukan pada kotak kemasan HP tersebut atau di dalam menu pengaturan HP. Anda juga dapat menanyakan hal ini kepada penjual.

10. Apakah Bisa Membeli HP Realme Bekas di Marketplace?

Tentu saja, Anda dapat membeli HP Realme bekas di marketplace. Namun, pastikan untuk membaca deskripsi produk dengan seksama, melihat reputasi penjual, dan membaca ulasan dari pembeli sebelum membeli.

11. Apakah Bisa Membeli HP Realme Bekas di Forum Jual Beli?

Anda juga dapat membeli HP Realme bekas di forum jual beli. Namun, pastikan untuk membaca deskripsi produk dengan seksama, mengetahui kebijakan pengembalian, dan bertransaksi dengan penjual yang terpercaya.

12. Apakah Bisa Mendapatkan Sertifikat Garansi saat Membeli HP Realme Bekas?

Sertifikat garansi biasanya hanya diberikan pada HP Realme baru. Untuk HP Realme bekas, garansi biasanya tidak lagi tersedia. Namun, pastikan untuk menanyakan hal ini kepada penjual.

13. Bagaimana Jika Terdapat Masalah Setelah Membeli HP Realme Bekas?

Jika terdapat masalah setelah membeli HP Realme bekas, sebaiknya segera hubungi penjual untuk mencari solusi yang terbaik. Jika memungkinkan, mintalah pengembalian atau pertukaran HP jika masalah yang terjadi cukup serius.

14. Bisakah Saya Menawar Harga HP Realme Bekas?

Tergantung dari kebijakan penjual, Anda bisa mencoba menawar harga HP Realme bekas. Namun, pastikan untuk menawar harga yang masuk akal dan tidak terlalu merugikan penjual.

Baca Juga :  cara cek hp oppo a37f

15. Apakah Bisa Mendapatkan Diskon saat Membeli HP Realme Bekas?

Tergantung dari kebijakan penjual, Anda bisa mencoba untuk mendapatkan diskon saat membeli HP Realme bekas. Namun, jangan terlalu berharap mendapatkan diskon yang terlalu besar.

16. Apakah Bisa Membeli HP Realme Bekas dengan Cicilan?

Biasanya, pembelian HP Realme bekas tidak bisa dengan cicilan. Namun, Anda dapat mencari penjual yang menyediakan layanan cicilan atau menggunakan kartu kredit untuk pembelian tersebut.

17. Apakah Bisa Membeli HP Realme Bekas dengan Barter?

Beberapa penjual mungkin menerima barter saat pembelian HP Realme bekas. Namun, pastikan untuk menawarkan barang yang sebanding dengan nilai HP Realme bekas yang akan Anda beli.

18. Bagaimana Cara Membeli HP Realme Bekas dengan Aman?

Untuk membeli HP Realme bekas dengan aman, pastikan untuk bertransaksi dengan penjual yang terpercaya, membaca deskripsi produk dengan seksama, dan melihat reputasi penjual serta ulasan dari pembeli sebelum membeli.

19. Bagaimana Cara Membeli HP Realme Bekas dengan Harga yang Terjangkau?

Untuk membeli HP Realme bekas dengan harga yang terjangkau, Anda dapat membandingkan harga dari beberapa penjual. Jika memungkinkan, tunggu promo atau diskon untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

20. Apakah Bisa Membeli HP Realme Bekas dengan Jaminan Kualitas?

Anda dapat membeli HP Realme bekas dengan jaminan kualitas jika membeli dari penjual yang memberikan garansi atau menawarkan return policy jika terdapat masalah dengan HP yang Anda beli.

Kesimpulan

Demikianlah cara cek HP Realme bekas dengan mudah dan cepat. Dengan melakukan semua langkah di atas, Sobat Lintasyogya dapat memastikan bahwa HP Realme bekas yang akan dibeli dalam kondisi baik dan sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa untuk bertransaksi dengan penjual yang terpercaya dan membaca deskripsi produk dengan seksama sebelum membeli. Terimakasih telah mengikuti info terbaru dari Lintasyogya.com dan sampai jumpa kembali di artikel atau info menarik lainnya.