LintasYogya | cara cek hp realme asli
cara cek hp realme asli

cara cek hp realme asli

Hai, Salam Sobat Lintasyogya! Apakah kamu sedang mencari informasi tentang cara cek HP Realme asli? Jika iya, kamu berada di tempat yang tepat. Pada artikel ini, kami akan membagikan panduan lengkap tentang cara memastikan keaslian HP Realme secara santai dan unik. Jadi, simak terus artikel ini sampai selesai ya!

1. Periksa Kemasan dan Label

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk memastikan keaslian HP Realme adalah dengan memeriksa kemasan dan labelnya. Pastikan kemasan tidak terlihat mencurigakan, seperti adanya segel yang rusak atau tampaknya tidak asli. Selain itu, perhatikan juga label yang terdapat di kemasan, apakah terdapat informasi yang lengkap dan sesuai dengan produk asli.

A. Cek Segel

Periksa apakah segel pada kemasan HP Realme masih utuh dan tidak rusak. Jika segel terlihat telah dibuka atau rusak, maka bisa jadi HP tersebut bukan asli.

B. Perhatikan Label

Perhatikan dengan teliti label yang terdapat di kemasan HP Realme. Pastikan label tersebut mencantumkan informasi yang lengkap, seperti nama produk, nomor seri, IMEI, dan lainnya. Jika terdapat kesalahan atau informasi yang tidak sesuai, kemungkinan besar HP tersebut palsu.

2. Cek IMEI

IMEI (International Mobile Equipment Identity) adalah nomor identitas unik yang dimiliki setiap perangkat ponsel. Kamu dapat memeriksa keaslian HP Realme dengan memverifikasi IMEI yang tertera pada perangkat.

A. Cara Cek IMEI

Untuk melakukannya, buka menu “Pengaturan” pada HP Realme kamu. Selanjutnya, pilih opsi “Tentang Telepon” atau “Tentang Perangkat”. Di dalam menu tersebut, cari informasi tentang “IMEI” dan pastikan nomor yang tertera sesuai dengan yang terdapat pada kemasan.

3. Cek Sistem Operasi

Sistem operasi yang digunakan pada HP Realme asli adalah ColorOS. Pastikan HP yang kamu cek menggunakan sistem operasi tersebut.

A. Cara Cek Sistem Operasi

Untuk memeriksa sistem operasi, buka menu “Pengaturan” pada HP Realme. Kemudian, pilih opsi “Tentang Telepon” atau “Tentang Perangkat”. Di dalam menu tersebut, cari informasi tentang “Versi Sistem Operasi” dan pastikan menggunakan ColorOS sebagai sistem operasinya.

4. Cek Keaslian melalui Situs Resmi

Realme menyediakan layanan verifikasi keaslian produk melalui situs resmi mereka. Kamu dapat mengunjungi situs tersebut untuk memastikan apakah HP Realme yang kamu miliki adalah produk asli.

A. Cara Cek Keaslian melalui Situs Resmi

Buka browser di HP atau komputer kamu, kemudian kunjungi situs resmi Realme. Pada halaman utama situs, cari opsi “Cek Keaslian Produk” atau serupa. Selanjutnya, masukkan nomor IMEI yang tertera pada kemasan HP Realme kamu. Jika HP tersebut asli, maka situs akan memberikan konfirmasi positif.

Baca Juga :  cara cek tipe hp nokia

5. Cek Garansi

HP Realme asli pasti dilengkapi dengan garansi resmi dari pabrik. Cek garansi pada HP Realme yang kamu punya untuk memastikan keasliannya.

A. Cara Cek Garansi

Untuk memeriksa garansi, buka menu “Pengaturan” pada HP Realme. Pilih opsi “Tentang Telepon” atau “Tentang Perangkat”. Di dalam menu tersebut, cari informasi tentang “Garansi” dan pastikan garansi yang tertera masih berlaku.

6. Cek Toko Resmi

Selain memeriksa langsung pada produk dan situs resmi, kamu juga bisa memastikan keaslian HP Realme dengan mengecek apakah kamu membelinya dari toko resmi atau tidak.

A. Cara Cek Toko Resmi

Periksa kembali tempat kamu membeli HP Realme. Pastikan toko tersebut adalah toko resmi yang terpercaya atau merupakan mitra resmi Realme. Jika kamu ragu, kamu bisa melakukan pengecekan melalui situs resmi Realme untuk mengetahui daftar toko resmi yang bekerja sama dengan mereka.

7. Cek Fitur dan Aplikasi Bawaan

Fitur dan aplikasi bawaan pada HP Realme asli biasanya terbatas dan tidak banyak bloatware. Periksa fitur dan aplikasi bawaan yang ada pada HP kamu untuk memastikan keasliannya.

A. Bloatware

Bloatware adalah aplikasi tambahan yang umumnya tidak berguna dan seringkali mengganggu pengguna. Jika HP Realme kamu memiliki banyak aplikasi bawaan yang tidak berguna, bisa jadi HP tersebut tidak asli.

B. Fitur Terbatas

HP Realme asli umumnya memiliki fitur yang lebih terbatas dibandingkan dengan HP palsu. Jika HP kamu memiliki fitur yang terlalu banyak atau tidak biasa, kamu perlu waspada.

8. Cek Performa dan Kualitas

Performa dan kualitas HP Realme asli tentunya akan lebih baik dibandingkan dengan HP palsu. Cek performa dan kualitas HP kamu untuk memastikan keasliannya.

A. Performa

HP Realme asli akan memiliki performa yang lebih baik dan responsif. Jika kamu merasa HP kamu memiliki performa yang buruk atau tidak sesuai dengan spesifikasi yang tertera, kamu perlu curiga.

B. Kualitas Fisik

Perhatikan kualitas fisik HP Realme kamu. Pastikan tidak ada cacat atau kerusakan yang mencurigakan, seperti retakan pada layar, tombol yang tidak berfungsi, atau bagian yang tidak pas. HP Realme asli akan memiliki kualitas fisik yang baik.

9. Cek Harga

Harga HP Realme asli biasanya tidak terlalu murah atau terlalu mahal. Jika kamu menemukan HP Realme dengan harga yang terlalu murah, kamu perlu waspada karena kemungkinan besar itu adalah HP palsu.

A. Bandingkan Harga

Sebelum membeli HP Realme, bandingkan harga yang ditawarkan dari berbagai sumber. Jika harga yang ditawarkan jauh di bawah harga pasaran, kamu perlu berhati-hati.

10. Cek Kualitas Layar dan Kamera

Kualitas layar dan kamera pada HP Realme asli tentunya akan lebih baik. Cek kualitas layar dan kamera HP kamu untuk memastikan keasliannya.

Baca Juga :  cara cek hp disadap orang

A. Kualitas Layar

Perhatikan kualitas layar HP Realme kamu. Pastikan tidak ada masalah seperti warna yang tidak akurat, resolusi yang buruk, atau adanya dead pixel. HP Realme asli akan memiliki layar yang jernih dan berkualitas.

B. Kualitas Kamera

Uji kualitas kamera pada HP Realme kamu. Pastikan kamera dapat menghasilkan foto yang jelas dan berkualitas. Jika kualitas kamera sangat buruk atau tidak sesuai dengan spesifikasi yang tertera, HP tersebut bisa jadi palsu.

11. Cek Slot SIM dan Kartu Memori

HP Realme asli umumnya memiliki slot SIM dan kartu memori yang berkualitas. Periksa slot SIM dan kartu memori pada HP kamu untuk memastikan keasliannya.

A. Kualitas Slot

Perhatikan kualitas slot SIM dan kartu memori pada HP Realme kamu. Pastikan tidak ada masalah seperti slot yang longgar atau sulit digunakan. HP Realme asli akan memiliki slot yang kokoh dan mudah digunakan.

12. Cek Baterai

Baterai pada HP Realme asli biasanya memiliki kapasitas dan masa pakai yang baik. Cek baterai HP kamu untuk memastikan keasliannya.

A. Kapasitas Baterai

Periksa kapasitas baterai pada HP Realme kamu. Jika kapasitas baterai terlalu kecil atau tidak sesuai dengan spesifikasi yang tertera, kemungkinan HP tersebut palsu.

B. Masa Pakai Baterai

Cek masa pakai baterai pada HP Realme kamu. HP asli akan memiliki masa pakai baterai yang cukup lama dan tidak cepat habis.

13. Cek Sertifikat Resmi

HP Realme asli umumnya dilengkapi dengan sertifikat resmi yang menunjukkan keaslian produk. Cek apakah HP kamu memiliki sertifikat resmi ini.

A. Sertifikat Kualitas

Perhatikan apakah HP Realme kamu memiliki sertifikat kualitas yang dikeluarkan oleh lembaga yang terpercaya. Sertifikat ini menunjukkan bahwa HP tersebut telah melewati pengujian dan memenuhi standar kualitas yang ditetapkan.

B. Sertifikat Garansi

HP Realme asli biasanya juga dilengkapi dengan sertifikat garansi resmi. Pastikan HP kamu memiliki sertifikat garansi yang sah.

14. Cek Kelengkapan

HP Realme asli umumnya dilengkapi dengan berbagai aksesori dan perlengkapan asli. Cek kelengkapan yang ada pada HP kamu untuk memastikan keasliannya.

A. Aksesori

Periksa apakah HP Realme kamu dilengkapi dengan aksesori asli seperti charger, kabel data, dan earphone. Aksesori tersebut umumnya memiliki logo Realme yang tercetak di atasnya.

B. Buku Panduan

Perhatikan apakah HP Realme kamu dilengkapi dengan buku panduan yang berisi informasi tentang penggunaan dan garansi. Buku panduan tersebut biasanya terdapat dalam kemasan.

Baca Juga :  cek no hp tak dikenal

15. Cek Popularitas dan Ulasan

Untuk memastikan keaslian HP Realme, cek juga popularitas dan ulasan mengenai produk tersebut. HP asli umumnya memiliki popularitas yang tinggi dan mendapatkan ulasan positif dari pengguna.

A. Cek Popularitas

Periksa popularitas HP Realme yang ingin kamu beli. Banyaknya pengguna dan tingginya permintaan dapat menjadi indikator keaslian produk tersebut.

B. Cek Ulasan

Baca ulasan pengguna mengenai HP Realme yang ingin kamu beli. Jika mayoritas ulasan positif dan tidak ada keluhan yang mencurigakan, kemungkinan besar HP tersebut asli.

16. Cek Keaslian melalui Aplikasi

Terdapat beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk memeriksa keaslian HP Realme. Kamu bisa mengunduh aplikasi tersebut dan melakukan verifikasi langsung pada HP kamu.

A. Aplikasi “Realme Verify”

Realme menyediakan aplikasi bernama “Realme Verify” yang dapat digunakan untuk memeriksa keaslian HP Realme. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini melalui Play Store atau App Store.

17. Cek Ketersediaan Layanan Purna Jual

HP Realme asli umumnya memiliki layanan purna jual yang terpercaya dan tersedia di berbagai lokasi. Cek ketersediaan layanan purna jual ini untuk memastikan keaslian HP kamu.

A. Layanan Garansi

Periksa apakah HP Realme kamu dapat dimasukkan ke dalam layanan garansi resmi yang disediakan oleh Realme. Pastikan layanan garansi tersebut tersedia di tempat kamu berada.

B. Lokasi Service Center

Periksa lokasi service center resmi Realme yang terdekat dengan tempat kamu tinggal. Pastikan ada service center yang dapat kamu kunjungi jika terjadi masalah dengan HP Realme kamu.

18. Cek Kekuatan Sinyal dan Koneksi

HP Realme asli umumnya memiliki kekuatan sinyal yang baik dan koneksi yang stabil. Cek kekuatan sinyal dan koneksi pada HP kamu untuk memastikan keasliannya.

A. Kekuatan Sinyal

Perhatikan kekuatan sinyal pada HP Realme kamu. Jika sinyal terlalu lemah atau sering putus, kemungkinan besar HP tersebut palsu.

B. Koneksi

Cek koneksi pada HP Realme kamu. Pastikan koneksi Wi-Fi dan data seluler berjalan dengan baik dan tidak mengalami masalah.

19. Cek Pembaruan Sistem

HP Realme asli akan mendapatkan pembaruan sistem secara berkala. Cek apakah HP kamu menerima pembaruan sistem yang dikeluarkan oleh Realme.

A. Pembaruan Sistem

Periksa apakah HP Realme kamu mendapatkan pembaruan sistem terbaru dari Realme. Pembaruan sistem ini biasanya berisi perbaikan bug, peningkatan keamanan, dan fitur baru.

20. Cek Keaslian Melalui Aplikasi Benchmark

Aplikasi benchmark dapat digunakan untuk memeriksa keaslian HP Realme. Kamu bisa mengunduh aplikasi benchmark terpercaya dan menjalankannya pada HP kamu.

A. Aplikasi Benchmark Terpercaya

Pilihlah aplikasi benchmark terperc