LintasYogya | cara cek hp bekas
cara cek hp bekas

cara cek hp bekas

Hai, Salam Sobat Lintasyogya! Siapa di antara kita yang tidak ingin memiliki HP baru? Namun, tidak semua orang mampu membeli HP baru dengan harga yang cukup mahal. Salah satu solusinya adalah membeli HP bekas. Namun, sebelum memutuskan untuk membeli HP bekas, ada beberapa hal yang perlu kita periksa terlebih dahulu agar tidak kecewa dengan pembelian kita. Berikut ini adalah cara mudah dan santai untuk melakukan pengecekan HP bekas sebelum membelinya.

1. Periksa Fisik HP

Hal pertama yang harus Sobat Lintasyogya lakukan adalah memeriksa fisik HP tersebut. Perhatikan apakah ada goresan atau kerusakan pada bodi HP. Periksa juga tombol-tombol apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Jangan lupa juga untuk melihat apakah ada tanda-tanda kebocoran air pada HP tersebut.

1.1. Goresan atau Kerusakan pada Bodi HP

Periksa dengan teliti apakah ada goresan atau kerusakan pada bodi HP. Jika ada, tanyakan kepada penjual apakah goresan atau kerusakan tersebut mempengaruhi kinerja HP atau tidak.

1.2. Fungsi Tombol-tombol

Jangan lupa untuk memeriksa fungsi tombol-tombol pada HP. Pastikan semua tombol berfungsi dengan baik dan tidak ada tombol yang macet atau sulit ditekan.

1.3. Tanda-tanda Kebocoran Air

Periksa juga apakah ada tanda-tanda kebocoran air pada HP tersebut. Jika ada, berarti HP tersebut pernah terkena air dan hal ini bisa mempengaruhi kinerja HP di masa mendatang.

2. Cek Layar HP

Selanjutnya, Sobat Lintasyogya perlu memeriksa layar HP. Pastikan layar HP tidak retak, tidak ada warna yang hilang, dan tidak ada dead pixel.

2.1. Layar Retak

Periksa dengan teliti apakah ada retakan pada layar HP. Jika ada, tanyakan kepada penjual apakah retakan tersebut mempengaruhi tampilan atau tidak.

Baca Juga :  cara cek no hp axis

2.2. Warna yang Hilang

Perhatikan apakah ada warna yang hilang pada layar HP. Jika ada, berarti ada masalah pada layar HP tersebut.

2.3. Dead Pixel

Dead pixel adalah titik-titik kecil yang tidak dapat menampilkan warna pada layar HP. Periksa apakah ada dead pixel pada layar HP. Jika ada, berarti layar HP tersebut tidak sempurna.

3. Periksa Kamera HP

Kamera adalah salah satu fitur yang penting pada HP. Pastikan kamera HP tersebut berfungsi dengan baik dan menghasilkan gambar yang jelas.

3.1. Fungsi Kamera Utama

Periksa apakah kamera utama pada HP berfungsi dengan baik. Coba ambil beberapa foto dan periksa kualitasnya.

3.2. Fungsi Kamera Selfie

Jangan lupa juga untuk memeriksa fungsi kamera selfie pada HP. Coba ambil beberapa foto selfie dan periksa kualitasnya.

4. Cek Performa HP

Performa HP adalah hal yang penting untuk diperiksa sebelum membeli HP bekas. Pastikan HP bekas yang akan Sobat Lintasyogya beli memiliki performa yang baik.

4.1. RAM dan Prosesor

Periksa spesifikasi HP tersebut, terutama RAM dan jenis prosesor yang digunakan. Pastikan RAM dan prosesor yang digunakan cukup baik untuk menjalankan aplikasi-aplikasi yang Sobat Lintasyogya butuhkan.

4.2. Uji Performa

Coba jalankan beberapa aplikasi pada HP tersebut dan perhatikan apakah HP tersebut bisa menjalankan aplikasi-aplikasi tersebut dengan lancar.

5. Periksa Baterai HP

Baterai adalah salah satu komponen yang penting pada HP. Pastikan baterai HP bekas yang akan Sobat Lintasyogya beli masih memiliki daya yang cukup bagus.

5.1. Kapasitas Baterai

Periksa kapasitas baterai HP tersebut. Jika kapasitas baterai sudah terlalu rendah, berarti baterai tersebut sudah tidak optimal lagi.

5.2. Daya Tahan Baterai

Coba gunakan HP tersebut dalam waktu yang cukup lama dan perhatikan apakah baterai HP tersebut mampu bertahan lama atau tidak.

Baca Juga :  cara cek no hp tri

6. Cek Keaslian dan Keamanan HP

Terakhir, pastikan HP bekas yang akan Sobat Lintasyogya beli adalah asli dan aman digunakan.

6.1. Cek IMEI

Periksa nomor IMEI pada HP tersebut. Nomor IMEI adalah nomor yang unik untuk setiap HP. Pastikan nomor IMEI yang tertera pada HP tersebut valid.

6.2. Cek Keamanan

Periksa juga apakah HP tersebut memiliki fitur keamanan yang memadai, seperti sensor sidik jari atau pengenalan wajah.

6.3. Cek Garansi

Jika memungkinkan, tanyakan kepada penjual apakah HP tersebut masih memiliki garansi resmi atau tidak. Garansi dapat memberikan perlindungan tambahan bagi Sobat Lintasyogya jika terjadi kerusakan pada HP tersebut.

6.4. Cek Harga Pasaran

Sebelum membeli HP bekas, pastikan juga untuk mencari tahu harga pasaran HP tersebut. Jangan terburu-buru membeli jika harga yang ditawarkan terlalu tinggi.

6.5. Cek Ulasan dan Review

Terakhir, cari tahu juga ulasan dan review mengenai HP bekas yang akan Sobat Lintasyogya beli. Ulasan dan review dapat memberikan informasi yang berguna mengenai kualitas dan kekurangan HP tersebut.

FAQ – Pertanyaan yang Sering Diajukan

No. Pertanyaan Jawaban
1 Apakah harus membeli HP bekas? Tergantung pada kebutuhan dan budget Sobat Lintasyogya. HP bekas biasanya lebih murah dibandingkan HP baru.
2 Bagaimana cara mengetahui HP bekas masih bagus? Periksa fisik HP, layar, kamera, performa, baterai, keaslian, dan keamanan HP tersebut.
3 Apa yang harus dilakukan jika HP bekas yang dibeli rusak? Jika masih dalam garansi, Sobat Lintasyogya dapat mengajukan klaim garansi. Jika tidak, Sobat Lintasyogya dapat membawanya ke tempat reparasi terpercaya.
4 Apakah ada risiko membeli HP bekas? Tentu saja ada risiko. HP bekas bisa memiliki masalah yang tidak terdeteksi pada saat pembelian.
5 Apakah ada tempat yang terpercaya untuk membeli HP bekas? Sobat Lintasyogya dapat mencari toko atau platform jual beli online yang terpercaya untuk membeli HP bekas.
Baca Juga :  cek performa hp

Kesimpulan

Dalam membeli HP bekas, Sobat Lintasyogya perlu melakukan pengecekan yang teliti agar tidak kecewa dengan pembelian. Periksa fisik HP, layar, kamera, performa, baterai, keaslian, dan keamanan HP tersebut. Jangan lupa juga untuk mencari tahu harga pasaran, membaca ulasan dan review, serta mempertimbangkan garansi. Dengan melakukan semua langkah ini, Sobat Lintasyogya dapat membeli HP bekas dengan aman dan memuaskan. Terimakasih telah mengikuti info terbaru dari Lintasyogya.com dan sampai jumpa kembali di artikel atau info menarik lainnya.