LintasYogya | Cara Cek Hosting yang Dipakai
Cara Cek Hosting yang Dipakai

Cara Cek Hosting yang Dipakai

Hai, Salam Sobat Lintasyogya! Pernahkah kamu bertanya-tanya tentang jenis hosting yang dipakai oleh website favoritmu? Mungkin kamu ingin tahu apakah website tersebut menggunakan hosting yang andal atau tidak. Jangan khawatir, karena dalam artikel ini kami akan membahas cara cek hosting yang dipakai dengan santai dan unik!

1. Menggunakan Whois Lookup

Whois Lookup adalah salah satu cara paling mudah untuk mengetahui hosting yang digunakan oleh suatu website. Caranya cukup mudah, yaitu dengan memasukkan nama domain website tersebut di mesin pencari Whois Lookup. Setelah itu, kamu akan mendapatkan informasi tentang nama host, alamat IP, dan informasi lainnya yang terkait dengan hosting tersebut.

FAQ: Apa itu Whois Lookup?

  • Whois Lookup adalah mesin pencari yang digunakan untuk mencari informasi tentang kepemilikan domain, termasuk informasi tentang hosting yang digunakan.

2. Melihat Informasi pada Halaman Website

Beberapa website menyediakan informasi tentang hosting yang mereka gunakan di halaman website mereka. Biasanya informasi ini dapat ditemukan di bagian footer atau halaman About Us. Kamu dapat mencari informasi tentang hosting tersebut dan memeriksa apakah hosting tersebut andal atau tidak.

FAQ: Apa yang harus saya cari pada halaman website?

  • Cari informasi tentang hosting yang digunakan, termasuk nama host dan pihak yang menyediakan hosting.

3. Menggunakan Tools Online

Ada beberapa tools online yang dapat membantu kamu mengetahui hosting yang digunakan oleh suatu website. Beberapa tools yang populer antara lain WhatCMS, BuiltWith, dan DomainBigData. Kamu dapat memasukkan nama domain website tersebut di tools tersebut dan mendapatkan informasi tentang hosting yang digunakan.

FAQ: Apa itu WhatCMS?

  • WhatCMS adalah tools online yang digunakan untuk mengidentifikasi sistem manajemen konten yang digunakan oleh suatu website.

4. Melihat Informasi pada DNS Lookup

DNS Lookup adalah cara lain untuk mengetahui hosting yang digunakan oleh suatu website. Kamu dapat menggunakan tools online seperti MX Toolbox atau DNS Checker untuk melakukan DNS Lookup. Setelah itu, kamu akan mendapatkan informasi tentang nama host dan alamat IP yang digunakan oleh website tersebut.

FAQ: Apa itu DNS Lookup?

  • DNS Lookup adalah proses untuk mencari informasi tentang nama host dan alamat IP yang terkait dengan suatu domain.
Cara Cek Hosting yang Dipakai Kelebihan Kekurangan
Whois Lookup Mudah dilakukan Tidak selalu akurat
Informasi pada Halaman Website Informasi lengkap Tidak semua website menyediakan informasi tentang hosting
Tools Online Cepat dan mudah Tidak selalu akurat
DNS Lookup Informasi akurat Membutuhkan pengetahuan teknis yang lebih
Baca Juga :  Tentang Aplikasi Download Tercepat di Android

5. Meminta Informasi dari Pemilik Website

Jika semua cara di atas belum berhasil, kamu dapat mencoba untuk menghubungi pemilik website dan meminta informasi tentang hosting yang digunakan. Namun, pastikan untuk meminta izin terlebih dahulu sebelum melakukan hal ini.

FAQ: Apa yang harus saya katakan kepada pemilik website?

  • Permintaan informasi tentang hosting yang digunakan oleh website tersebut.
  • Berikan alasan mengapa kamu ingin mengetahui informasi tersebut.

6. Melakukan Penelitian Sendiri

Jika kamu memiliki pengetahuan teknis yang cukup, kamu dapat melakukan penelitian sendiri untuk mengetahui hosting yang digunakan oleh suatu website. Kamu dapat menggunakan tools seperti Nmap atau Netcat untuk melakukan scanning port dan mencari informasi tentang hosting yang digunakan.

FAQ: Apa itu Nmap?

  • Nmap adalah tools open source yang digunakan untuk scanning port dan mencari informasi tentang jaringan.

7. Membandingkan Hosting dengan Website Lain

Jika kamu masih ragu tentang hosting yang digunakan oleh suatu website, kamu dapat mencoba membandingkan hosting tersebut dengan website lain yang sejenis. Cari tahu website lain yang memiliki fitur dan performa yang sama dengan website yang ingin kamu cek hosting-nya, lalu bandingkan hosting yang digunakan oleh kedua website tersebut.

FAQ: Apa yang harus saya perhatikan saat membandingkan hosting?

  • Perhatikan kecepatan loading, uptime, dan fitur yang disediakan oleh hosting tersebut.

8. Menggunakan Google PageSpeed Insights

Google PageSpeed Insights adalah tools online yang digunakan untuk mengevaluasi kecepatan loading dan performa suatu website. Selain itu, tools ini juga dapat memberikan informasi tentang hosting yang digunakan oleh website tersebut.

FAQ: Apa itu Google PageSpeed Insights?

  • Google PageSpeed Insights adalah tools online yang digunakan untuk mengevaluasi kecepatan loading dan performa suatu website.

9. Memeriksa Informasi pada File Robots.txt

Robots.txt adalah file yang digunakan oleh website untuk memberikan instruksi kepada mesin pencari tentang halaman yang dapat di-crawl dan yang tidak. Namun, file ini juga dapat memberikan informasi tentang hosting yang digunakan oleh website tersebut.

FAQ: Apa itu file Robots.txt?

  • Robots.txt adalah file yang digunakan oleh website untuk memberikan instruksi kepada mesin pencari tentang halaman yang dapat di-crawl dan yang tidak.

10. Menggunakan Tools Traceroute

Traceroute adalah tools yang digunakan untuk melacak rute jaringan dari suatu alamat IP ke alamat IP lainnya. Kamu dapat menggunakan tools seperti Traceroute atau MTR untuk melacak rute jaringan dan mengetahui hosting yang digunakan oleh suatu website.

Baca Juga :  Cara kerja share hosting server

FAQ: Apa itu Traceroute?

  • Traceroute adalah tools yang digunakan untuk melacak rute jaringan dari suatu alamat IP ke alamat IP lainnya.

11. Mencoba Mengakses CPanel

Jika kamu memiliki akses ke website tersebut, kamu dapat mencoba untuk mengakses CPanel dan melihat informasi tentang hosting yang digunakan. CPanel adalah panel kontrol web hosting yang digunakan untuk mengelola website, email, database, dan lain-lain.

FAQ: Apa itu CPanel?

  • CPanel adalah panel kontrol web hosting yang digunakan untuk mengelola website, email, database, dan lain-lain.

12. Menggunakan Tools Online untuk Melihat Informasi DNS

Jika kamu ingin mengetahui informasi DNS dari suatu website, kamu dapat menggunakan tools online seperti DNS Watch atau DNS Stuff. Tools tersebut dapat memberikan informasi tentang DNS yang digunakan oleh website tersebut.

FAQ: Apa itu DNS?

  • DNS adalah sistem yang digunakan untuk menghubungkan nama domain dengan alamat IP.

13. Memeriksa Informasi pada File .htaccess

File .htaccess adalah file konfigurasi yang digunakan oleh website untuk mengatur akses dan tampilan. Namun, file ini juga dapat memberikan informasi tentang hosting yang digunakan oleh website tersebut.

FAQ: Apa itu file .htaccess?

  • File .htaccess adalah file konfigurasi yang digunakan oleh website untuk mengatur akses dan tampilan.

14. Menggunakan Tools Online untuk Melihat Informasi Whois

Ada beberapa tools online yang dapat membantu kamu mengetahui informasi Whois dari suatu website. Beberapa tools yang populer antara lain Whois.net, DomainTools, dan Whois Lookup. Kamu dapat memasukkan nama domain website tersebut di tools tersebut dan mendapatkan informasi tentang Whois dari website tersebut.

FAQ: Apa itu informasi Whois?

  • Informasi Whois adalah informasi tentang kepemilikan domain, termasuk informasi tentang hosting yang digunakan.

15. Memeriksa Informasi pada File Sitemap.xml

File Sitemap.xml adalah file yang digunakan oleh website untuk memberikan informasi tentang struktur website dan halaman-halaman yang terdapat di dalamnya. Namun, file ini juga dapat memberikan informasi tentang hosting yang digunakan oleh website tersebut.

FAQ: Apa itu file Sitemap.xml?

  • File Sitemap.xml adalah file yang digunakan oleh website untuk memberikan informasi tentang struktur website dan halaman-halaman yang terdapat di dalamnya.

16. Menggunakan Tools Online untuk Melihat Informasi Reverse DNS

Reverse DNS adalah sistem yang digunakan untuk menghubungkan alamat IP dengan nama domain. Kamu dapat menggunakan tools online seperti ViewDNS atau Reverse DNS Lookup untuk melihat informasi tentang Reverse DNS dari suatu website.

Baca Juga :  Manfaat Layanan Hosting untuk Website

FAQ: Apa itu Reverse DNS?

  • Reverse DNS adalah sistem yang digunakan untuk menghubungkan alamat IP dengan nama domain.

17. Memeriksa Informasi pada File Robots Meta

Robots Meta adalah tag HTML yang digunakan oleh website untuk memberikan instruksi kepada mesin pencari tentang halaman yang dapat di-crawl dan yang tidak. Namun, tag ini juga dapat memberikan informasi tentang hosting yang digunakan oleh website tersebut.

FAQ: Apa itu tag Robots Meta?

  • Robots Meta adalah tag HTML yang digunakan oleh website untuk memberikan instruksi kepada mesin pencari tentang halaman yang dapat di-crawl dan yang tidak.

18. Menggunakan Tools Online untuk Melihat Informasi HTTP Headers

HTTP Headers adalah bagian dari protokol HTTP yang digunakan untuk mengirim informasi tentang permintaan dan respon antara client dan server. Kamu dapat menggunakan tools online seperti HTTP Headers Checker atau HTTP Header Viewer untuk melihat informasi tentang HTTP Headers dari suatu website.

FAQ: Apa itu HTTP Headers?

  • HTTP Headers adalah bagian dari protokol HTTP yang digunakan untuk mengirim informasi tentang permintaan dan respon antara client dan server.

19. Memeriksa Informasi pada File .user.ini

File .user.ini adalah file konfigurasi yang digunakan oleh website untuk mengatur pengaturan PHP. Namun, file ini juga dapat memberikan informasi tentang hosting yang digunakan oleh website tersebut.

FAQ: Apa itu file .user.ini?

  • File .user.ini adalah file konfigurasi yang digunakan oleh website untuk mengatur pengaturan PHP.

20. Menggunakan Tools Online untuk Melihat Informasi SSL

SSL adalah protokol keamanan yang digunakan untuk mengenkripsi data yang dikirimkan antara client dan server. Kamu dapat menggunakan tools online seperti SSL Checker atau SSL Shopper untuk melihat informasi tentang SSL dari suatu website.

FAQ: Apa itu SSL?

  • SSL adalah protokol keamanan yang digunakan untuk mengenkripsi data yang dikirimkan antara client dan server.

Sekarang kamu sudah tahu 20 cara cek hosting yang dipakai oleh suatu website. Kamu dapat menggunakan salah satu cara di atas atau kombinasi dari beberapa cara untuk mengetahui hosting yang digunakan oleh suatu website. Pastikan untuk memilih hosting yang andal dan sesuai dengan kebutuhan website kamu. Terimakasih telah mengikuti info terbaru dari Lintasyogya.com

Related video of Cara Cek Hosting yang Dipakai