LintasYogya | Berapa Lama Baterai Laptop Harus Bertahan dan Cara Meningkatkan Masa Pakai Baterai

Berapa Lama Baterai Laptop Harus Bertahan dan Cara Meningkatkan Masa Pakai Baterai

Tidak peduli seberapa mahal laptob baterai tidak akan bertahan lebih dari empat tahun. Menurut para ahli, baterai laptop baru mampu menjalankan sebanyak 1.000 siklus. Dengan kata lain, Anda dapat mengisi dan mengisi daya baterai hingga 1000 kali. Namun, banyak faktor yang berperan dalam meningkatkan atau mengurangi masa pakai baterai PC seluler. Misalnya, bahan yang digunakan untuk memproduksi bahan baterai. Oleh karena itu, jika Anda ingin memastikan bahwa baterai Anda bertahan dalam ujian waktu, yang disajikan di bawah ini adalah beberapa tips yang dapat membantu.

  1. Pasang monitor baterai yang bagus

Jika Anda mencari alternatif, Anda dapat memilih dari banyak utilitas pihak ketiga. Pada dasarnya, program perangkat lunak membantu menganalisis baterai laptop anda. Program-program ini tidak memiliki masalah kompatibilitas dengan semua jenis laptop.

Dengan menggunakan alat-alat ini, Anda dapat mengetahui program mana yang menggunakan daya baterai paling banyak. Kemudian bisa menutup program yang tidak diinginkan untuk menghemat daya baterai.

  1. Instal aplikasi pemeliharaan

Anda dapat menggunakan beberapa alat perawatan yang direkomendasikan pabrikan untuk merawat baterai PC seluler Anda. Berdasarkan jenis baterai Anda, Anda akan mendapatkan penawaran yang berbeda. Selain itu, sistem operasi Anda akan dilengkapi dengan utilitas bawaan yang dapat membantu Anda mengawasi keadaan baterai Anda.

  1. Jaga Suhu Perangkat Anda

Sangat penting untuk mencoba level terbaik untuk memastikan bahwa laptop mempertahankan suhunya. Di musim panas, perangkat elektronik cenderung memanas, yang secara negatif mempengaruhi masa pakai baterai.

Karena itu, Anda perlu memastikan bahwa ada ruang kecil antara bagian bawah perangkat dan meja tempat Anda meletakkan perangkat. Selain itu, sistem ventilasi perangkat harus berfungsi dengan baik. Untuk ini, pembersihan perangkat secara teratur cukup penting.

  1. Jangan gunakan kecerahan maksimum
Baca Juga :  cara cek ip komputer

Saat kecerahan layar berada pada level maksimumnya, perangkat akan menggunakan daya maksimum. Oleh karena itu, menurunkan kecerahan adalah hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk menghemat daya. Selain itu, bukan ide yang baik untuk menjaga kejelasan pada tingkat maksimum karena dapat berdampak negatif pada penglihatan Anda. Oleh karena itu, dengan mengikuti tips sederhana ini, akan lebih mudah bagi Anda untuk memperpanjang masa pakai baterai laptop Anda.

  1. Ubah pengaturan hemat daya Anda

Sebelum Anda melakukan apa pun, buka opsi startup laptop Anda. Jika Anda menggunakan sistem operasi Windows, Anda dapat pergi ke Control Panel untuk mengakses opsi daya. Anda dapat mengakses panel kontrol dari menu Start.

Beberapa pengguna memiliki MacOS. Jika Anda salah satunya, Anda perlu mengakses penghematan energi, yang terletak di Preferensi Sistem. Jika nilai-nilai ini ditetapkan secara default, PC Anda akan menggunakan jumlah daya paling sedikit.

Jadi, yang harus Anda lakukan adalah membuat perubahan kecil pada pengaturan sehingga Anda mencapai keseimbangan antara daya dan kinerja. Untuk kinerja terbaik, selalu ada opsi untuk menghubungkan perangkat ke stopkontak AC.

Jika baterai PC seluler Anda berusia lebih dari 4 tahun, Anda mungkin ingin mendapatkan baterai pengganti. Ini akan memberi Anda cadangan yang lebih lama lagi sehingga Anda dapat terus bekerja di perangkat Anda saat bepergian.