LintasYogya | 9 Cara Screenshot dengan Cepat dan Mudah di Komputer Anda!

9 Cara Screenshot dengan Cepat dan Mudah di Komputer Anda!

Panerbit: LintasYogya.com

9 Cara Mengambil Screenshot dengan Cepat dan Mudah di Komputer Terlengkap

Jika Anda ingin menangkap layar komputer Anda secara keseluruhan atau sebagian, tangkapan layar adalah cara yang cepat dan mudah. Mengambil tangkapan layar seringkali membutuhkan pemenuhan berbagai kebutuhan, seperti bukti pendaftaran atau lainnya. Itu bisa dilakukan dengan berbagai cara, lho. Anda bahkan tidak perlu mengunduh aplikasi tertentu untuk melakukan ini. Untuk mempelajari tentang berbagai cara mengambil tangkapan layar PC Anda, mari perhatikan sembilan opsi berikut.

1. Tekan tombol PrtScn atau cetak layarnya

LintasYogya | 9 Cara Screenshot dengan Cepat dan Mudah di Komputer Anda!

Menggunakan Print Screen atau Prtscn pada keyboard Anda adalah salah satu cara termudah untuk mengambil tangkapan layar komputer Anda. Setelah mengklik dua kali tombol, hasil tangkapan layar tidak segera disimpan sebagai dokumen. Namun, tangkapan layar disalin ke clipboard. Anda perlu menempelkan tangkapan layar dengan membuka alat pengeditan seperti Microsoft Paint dan menyimpan dokumen di PC Anda.

Anda juga dapat mengatur tombol PrtScn untuk membuka Snipping and Drawing Tool dengan masuk ke Pengaturan – Kemudahan Akses – Keyboard dan kemudian gunakan tombol Prtscn untuk membuka tangkapan layar yang terletak di bawah pintasan layar cetak.

2. Alt + layar cetak

9 Cara Mengambil Screenshot dengan Cepat dan Mudah di Komputer Terlengkap

Untuk menangkap jendela aktif dengan cepat, gunakan tombol pintas Alt + PrtScn. Anda dapat menangkap layar aktif secara langsung dan menyalinnya ke clipboard dengan mengambil tangkapan layar dari komputer ini. Jika Anda ingin membuka tangkapan layar, Anda harus menempelkannya menggunakan aplikasi editor dan kemudian menyimpannya.

3. Menangkan + Print Screen

9 Cara Mengambil Screenshot dengan Cepat dan Mudah di Komputer Terlengkap

Anda dapat menangkap seluruh layar dan itu akan disimpan secara otomatis dan instan dengan menekan tombol Window + PrtScn. Saat Anda mengambil tangkapan layar komputer, layar meredup untuk waktu yang singkat. Jangan khawatir, ini hanya untuk menunjukkan bahwa Anda mengambil tangkapan layar. Hasil tangkapan layar akan disimpan langsung di folder tangkapan layar > gambar.

Baca Juga :  Apa itu google cloud hosting free

4. Lightshot

LintasYogya | 9 Cara Screenshot dengan Cepat dan Mudah di Komputer Anda!

Metode screenshot komputer berikut mengharuskan Anda mengunduh aplikasi, yaitu dengan mengunduh Lightshot. Aplikasi Lightshot untuk Windows dan Mac.Lightshot memungkinkan Anda memilih area di layar dan menangkapnya hanya dengan dua klik dua kali dan dua tombol, yaitu FN dan Insert.

Aplikasi ini menyediakan antarmuka yang mudah digunakan, lebih mudah, dan lebih cepat. Anda juga dapat membagikan tangkapan layar langsung ke web. Sebelum menyimpan, Anda juga dapat mengedit tangkapan layar yang disediakan oleh aplikasi.

5. Menekan + H

LintasYogya | 9 Cara Screenshot dengan Cepat dan Mudah di Komputer Anda!

Jika Anda menggunakan Windows 10, cara mengambil tangkapan layar komputer Anda dengan menekan tombol Win + H memungkinkan Anda untuk membuka hasilnya dalam aplikasi tertentu. Dengan menekan dua tombol Win + H secara bersamaan, itu akan segera menangkap layar aktif dan menampilkan kotak dialog untuk membuka hasil tangkapan layar di aplikasi lain.

6. Jendela + Shift + S

LintasYogya | 9 Cara Screenshot dengan Cepat dan Mudah di Komputer Anda!

Cara menangkap layar komputer selanjutnya adalah dengan menggunakan Snip & Sketch, yang sudah dimiliki Microsoft. Dari Laporan cnet.com, Anda hanya perlu menekan tombol Windows+Shift+S. Alat untuk mengakses, berbagi, dan membuat anotasi layar Anda dengan lebih mudah.

Layar akan redup dan 4 opsi akan tersedia di toolbar Mini yang muncul. Pilihannya adalah memilih bentuk dari tangkapan layar, seperti kotak, bentuk bebas, jendela, dan layar penuh. Alih-alih menyimpan gambar secara langsung, aplikasi menyalinnya ke clipboard.

7. Alat Snipping

LintasYogya | 9 Cara Screenshot dengan Cepat dan Mudah di Komputer Anda!

Salah satu cara untuk mengambil screenshot dari komputer yang sudah dikenal adalah dengan menggunakan cropping tool. Alat ini telah ada sejak Windows Vista dan masih menjadi andalan bagi sebagian orang saat ini.

Setelah membuka alat pemangkasan, Anda cukup mengklik Baru tombol untuk memulai proses tangkapan layar dengan memilih area yang ingin Anda tangkap. Setelah menyalin ke clipboard, Anda harus menyimpannya secara manual.

Baca Juga :  Cara kerja control panel hosting

8. Bilah Permainan

9 Cara Mengambil Screenshot dengan Cepat dan Mudah di Komputer Terlengkap

Anda dapat menggunakan Game Bar untuk mengambil tangkapan layar di komputer Anda, baik Anda bermain game atau tidak. Cara mengambil tangkapan layar di komputer ini cukup klik ikon Windows + G untuk membuka kolom permainan.

Anda dapat mengklik tombol tangkapan layar pada bilah permainan atau menangkap seluruh layar dengan Win + Alt + PrtScn. Untuk mengatur pintasan untuk mengambil tangkapan layar pada bilah Game, Anda harus pergi ke Pengaturan – Game – Game bar.

9. Aplikasi Dropbox

LintasYogya | 9 Cara Screenshot dengan Cepat dan Mudah di Komputer Anda!

Cara mencegat komputer menggunakan aplikasi dropbox capture akan berfungsi setelah Anda mengunduhnya. Aplikasi ini menawarkan tangkapan layar yang lebih cepat dan hanya dapat mengambil tangkapan layar penuh atau tangkapan layar sebagian.

Anda juga dapat menambahkan teks, panah, komentar, dan menjelaskan poin-poin penting yang ingin Anda komunikasikan kepada tim Anda. Dropbox juga memungkinkan Anda membagikannya sehingga orang lain dapat meninggalkan umpan balik atau komentar. Anda juga dapat menyimpan tangkapan layar dengan lebih aman. Cara mengambil tangkapan layar komputer ini sangat sederhana, Anda hanya perlu membuka aplikasi setelah masuk ke akun Dropbox Anda sebelumnya. Di aplikasi Capture, klik dua kali tombol screenshot di sudut kanan atas.

Tahukah Anda, mengetahui berbagai cara mengambil screenshot komputer juga sangat berguna di dunia kerja. Nah, bagi mereka yang sedang mencari pekerjaan, daftar ke EKRUT hari ini. Akan lebih mudah bagi Anda untuk mendapatkan pekerjaan impian Anda dan Anda memiliki jalur karier yang baik.

Ini adalah 9 cara untuk mengambil tangkapan layar PC Anda yang dapat memudahkan Anda melakukan semua jenis pekerjaan yang memerlukan tangkapan layar. Anda hanya perlu memilih cara mana yang lebih nyaman digunakan. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi mereka yang membutuhkannya.