LintasYogya | Tips memperbaiki komputer & Meningkatkan ram dengan mudah

Tips memperbaiki komputer & Meningkatkan ram dengan mudah

Hal-hal yang harus Anda ketahui tentang alat perbaikan komputer .oleh Lintasyogya.com

LintasYogya | Tips memperbaiki komputer & Meningkatkan ram dengan mudah

 

Saat ini komputer digunakan di mana-mana. Komputer yang berhenti bekerja sepenuhnya atau melakukan tugas dengan kecepatan sangat lambat adalah masalah serius bagi mereka yang bergantung padanya. Bahkan jika Anda tidak terlalu paham teknologi, Anda dapat belajar sedikit tentang alat perbaikan komputer untuk memperbaiki sendiri sebagian besar masalah. Ini juga akan mengurangi kemungkinan membayar ekstra untuk perbaikan yang dapat Anda tangani sendiri.

1. Alat perawatan komputer dapat dibagi menjadi dua kategori: perangkat keras dan perangkat lunak. Pemotong kabel, obeng, dan udara kalengan adalah beberapa alat perangkat keras yang digunakan untuk memperbaiki komputer. Pemindai antivirus, utilitas diagnostik memori, dan perangkat lunak pemulihan kata sandi adalah contoh umum dari alat perbaikan perangkat lunak.

2. Udara kalengan dapat digunakan untuk menghilangkan debu dari permukaan bagian mekanis di dalam kabinet. Multimeter dapat digunakan untuk melintasi koneksi Ethernet dan kabel daya untuk mengidentifikasi kemungkinan kesalahan. Perangkat lunak antivirus akan membantu Anda menghindari virus, trojan, dan program jahat lainnya yang dapat memengaruhi kinerja komputer Anda secara keseluruhan. Alat diagnostik memori dapat membantu Anda menemukan masalah RAM.

3. Kedua jenis alat perbaikan komputer menyediakan fitur dan fungsi yang berbeda untuk mendiagnosis dan memperbaiki kesalahan. Anda memerlukan obeng khusus untuk menangani komponen kecil di komputer Anda. Selain itu, perangkat lunak diagnostik dapat mendeteksi sebagian besar masalah perangkat keras dan logika di perangkat.

4. Gunakan gelang antistatis saat membuka komputer untuk diservis. Listrik statis dapat merusak komponen tertentu pada motherboard komputer Anda. Daripada berurusan dengan komputer Anda nanti, instal firewall, perbarui perangkat lunak antivirus Anda, dan gunakan perangkat lunak BIOS terbaru untuk menghindari masalah.

Baca Juga :  Pelajari alasan dan cara menangani laptop HANG

5. Buka kabinet prosesor dan lepaskan komputer sepenuhnya untuk menyelesaikan beberapa masalah. Sebelum mulai menggunakan alat perbaikan perangkat lunak lain untuk membersihkan

 

Apa yang harus diketahui semua orang tentang peningkatan memori komputer .oleh Lintasyogya.com

LintasYogya | Tips memperbaiki komputer & Meningkatkan ram dengan mudah

Saya akan mengatakan bahwa meningkatkan memori adalah salah satu cara termudah dan paling hemat biaya untuk mempercepat komputer Anda, meskipun mengganti memori komputer terdengar rumit, sebenarnya tidak!

Apa yang harus kita ketahui tentang memori komputer?
Ada dua jenis memori komputer:
1. Hard disk – digunakan untuk menyimpan berbagai hal seperti dokumen teks, foto, video, dll.
Biasanya tersedia dalam berbagai ukuran – 80GB, 160GB…
2. Memori internal yang disebut RAM (random access memory) – digunakan oleh unit pemrosesan pusat (CPU). Saat Anda membuka aplikasi, prosesor memuat perangkat lunak itu ke dalam memori (RAM) dan menggunakannya sebagai memori sementara untuk menjalankan aplikasi saat ini.

Perbedaan utama antara kedua ingatan ini adalah:
1. Hard disk memiliki kapasitas memori yang lebih besar.
Mungkin 80GB vs 512MB (0,5G) RAM.
2. Prosesor bekerja lebih cepat pada memori RAM dibandingkan dengan hard disk.
3. Matikan komputer untuk mengosongkan isi RAM, dan isi hardisk tetap sama.

Mengapa memiliki cukup memori di komputer Anda begitu tidak berdaya?
Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, setiap kali Anda membuka aplikasi seperti editor, pemutar video, atau aplikasi grafis.
Aplikasi ini dimuat ke dalam memori internal (RAM) dan dijalankan dari sana. Semakin banyak aplikasi yang Anda gunakan secara bersamaan, semakin banyak memori yang dapat terisi.

Ketika tidak ada cukup ruang RAM untuk digunakan aplikasi ini, komputer Anda mulai melambat dan prosesor mulai melakukan deteksi, yang berarti menggunakan hard disk sebagai memori internalnya.
Kita sudah tahu bahwa hard drive lebih lambat dari RAM, dan begitulah – komputer yang lambat!

Baca Juga :  Apakah yang dapat mempengaruhi hosting

Apakah Anda perlu meng-upgrade memori komputer kita?
Pertama Anda perlu memeriksa ukuran memori, cara mudah adalah membuka task manager.
CTRL+ALT+DEL, buka Performance TAB lalu periksa apakah memori fisik – Total TAB – adalah ukuran memori.

Hal lain yang perlu diperiksa adalah ukuran memori yang tersedia, seharusnya 20% dari total memori dalam operasi normal. Kurang dari 20% secara signifikan dapat memperlambat perjalanan.

Jadi apakah sudah waktunya untuk meng-upgrade memori komputer Anda?