LintasYogya | 7 Tips Memilih Kontraktor Kabel Data yang Tepat

7 Tips Memilih Kontraktor Kabel Data yang Tepat

LintasYogya | 7 Tips Memilih Kontraktor Kabel Data yang Tepat

Di kantor TI, infrastruktur kabel data berkecepatan tinggi adalah salah satu persyaratan utama. Bagaimanapun, komputer Anda selalu membutuhkan koneksi internet yang efisien. Oleh karena itu, perlu untuk menyewa jasa kontraktor yang memiliki kabel data terbaik. Jika Anda tidak menyewa kontraktor yang baik, Anda dapat mengalami banyak masalah, seperti kegagalan infrastruktur jaringan dan komunikasi yang buruk. Berikut adalah beberapa tips yang perlu Anda pertimbangkan sebelum menyewa penyedia layanan:

  1. Pengalaman

Karena kabel data adalah proyek yang kompleks, disarankan untuk menggunakan penyedia yang memiliki banyak pengalaman dalam berbagai proyek.

  1. Buat rencana

Pastikan Anda memiliki rencana untuk mewawancarai beberapa kontraktor kabel. Misalnya, Anda perlu menentukan lokasi yang tepat untuk hub dan jenis struktur yang sesuai untuk pemasangan kabel. Menyimpan rencana di tempat dapat menghemat banyak waktu dan uang.

  1. Komunikasi yang Jelas

Komunikasi yang jelas antara Anda dan penyedia penting jika Anda ingin membangun infrastruktur terbaik. Dengan kata lain, Anda perlu menyampaikan semua detail yang terkait dengan keseluruhan proyek. Ini penting bagi kontrak untuk memahami kebutuhan dan persyaratan pelanggan.

  1. Teknis

Sebelum memulai, penting untuk menuliskan jenis kabel dan bagian lain yang anda butuhkan. Spesifikasi seperti jack data dan panel patch juga penting. Hal-hal tersebut perlu mendukung standar kabel terbaru seperti CAT5 dan CAT6.

Selain itu, anda perlu menggali lebih dalam dan membaca yang tersirat. Penyedia layanan cenderung menyediakan materi pemasaran yang mengandung informasi yang tidak memadai. Sangat penting anda lakukan adalah mengumpulkan informasi penting berdasarkan klaim garansi, layanan dukungan, program pelatihan, dan laporan pengujian.

  1. Laporan Pengujian

Sejauh menyangkut laporan pengujian, Anda hanya boleh mempertimbangkan laporan pengujian independen. Dalam kebanyakan kasus, ini disiapkan oleh penyedia pihak ketiga, sehingga hampir tidak mungkin untuk memanipulasi mereka.

Baca Juga :  Jelaskan pengertian shared hosting

Parameter pengujian membantu Anda mendapatkan wawasan yang lebih dalam tentang keseluruhan sistem, jadi cobalah untuk memahami parameter pengujian dengan lebih baik.

  1. Program Pelatihan

Kinerja akhir sistem tergantung pada kualitas instalasi. Oleh karena itu, sangat perlu untuk mencari program pelatihan dan sertifikasi yang ditawarkan oleh kontraktor. Verifikasi bahwa penyedia menawarkan program pelatihan untuk seluruh saluran. Dengan kata lain, itu harus dikonfigurasi dengan saluran tembaga dan serat. Selain itu, harus mencakup pengujian, desain, instalasi, dan penghentian.

  1. Layanan Pendukung

Lebih baik pergi dengan kontraktor kabel yang menyediakan layanan pendukung setelah pemasangan. Ini berarti Anda perlu menyewa kontraktor yang akan memberi Anda dukungan nilai tambah gratis selama minimal 12 bulan setelah instalasi selesai.