LintasYogya | 6 Perbedaan antara Samsung Galaxy A03 dengan Samsung Galaxy A04

6 Perbedaan antara Samsung Galaxy A03 dengan Samsung Galaxy A04

LintasYogya.com

Samsung telah resmi meluncurkan dua smartphone terbarunya untuk mengisi seri Galaxy A04, yakni Samsung Galaxy A04 dan Samsung Galaxy A04s. Kedua smartphone tersebut dirilis sebagai penerus dari seri sebelumnya, seri Galaxy A03, yang terdiri dari core Samsung Galaxy A03, Samsung Galaxy A03s dan Samsung Galaxy A03.

Sebagai penerus seri sebelumnya, Samsung Galaxy A04 membawa beberapa peningkatan di beberapa area tersendiri. Dibandingkan dengan Samsung Galaxy A03 yang dirilis pada Februari 2022, Samsung Galaxy A04 mengalami pertumbuhan, terutama di segmen kamera dan kapasitas memori yang lebih luas.

Lantas, apakah Samsung Galaxy A04 ini benar-benar lebih baik dari pendahulunya, Samsung Galaxy A03? Untuk mengetahui jawabannya, Carisinyal merangkum untuk Anda beberapa perbedaan yang ada antara Samsung Galaxy A03 dan Samsung Galaxy A04.

Sebelum Anda masuk ke pembahasan utama artikel ini, simak spesifikasi Samsung Galaxy A03 dan Samsung Galaxy A04.

LintasYogya | 6 Perbedaan antara Samsung Galaxy A03 dengan Samsung Galaxy A04

Perbedaan antara Samsung Galaxy A03 dan Samsung Galaxy A04
Jika melihat daftar spesifikasi di atas, ada juga beberapa peningkatan spesifikasi beberapa departemen dengan spesifikasi yang sama. Jika kamu masih penasaran dengan perbedaan keduanya, berikut pembahasan mengenai perbedaan Samsung Galaxy A03 dan Samsung Galaxy A04.

1. Penampilan sederhana dan desain halus

LintasYogya | 6 Perbedaan antara Samsung Galaxy A03 dengan Samsung Galaxy A04

Saat membedakan antara dua produk HP, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah penampilan dan desainnya. Bagian belakang kedua ponsel ini sedikit berbeda, terutama bentuk modul kamera yang mereka bawa. Namun, mereka masih memiliki desain yang sederhana, tetapi tetap menarik dan fitur kosmetik.

Keduanya dirancang dengan menggabungkan estetika dengan tekstur untuk menciptakan sentuhan akhir yang lembut di bagian belakang. Kedua smartphone ini dibekali dengan bentuk bulat tipis dan halus yang terasa sangat nyaman untuk digenggam.

Namun, kedua smartphone ini sedikit berbeda dalam modul kamera. Modul kamera, yang berisi dua kamera dan flash, milik Samsung Galaxy A03 dan terlihat seperti relief persegi dengan sudut membulat. Sementara itu, Samsung Galaxy A04 tidak memiliki modul yang membuat bodi terlihat lebih bersih dan lebar.

Baca Juga :  cara cek lokasi hp

Perbedaan lain antara kedua smartphone ini adalah bobot dan dimensi bodinya. Samsung Galaxy A03 memiliki berat lebih berat 196 gram dan berukuran 164,2 x 75,9 x 9,1 mm. Samsung Galaxy A04 sedikit lebih ringan pada 192 gram dan berukuran 164,4 x 76,3 x 9,1 mm.

2. Layar HD +

LintasYogya | 6 Perbedaan antara Samsung Galaxy A03 dengan Samsung Galaxy A04

Di luar layar, kedua ponsel hadir dengan dua jenis layar yang berbeda, yaitu Samsung Galaxy A03 dengan panel TFT PLS dan Samsung Galaxy A04 dengan panel LCD PLS. Meski memiliki jenis panel yang berbeda-beda, ternyata kemampuan yang dimilikinya tidak jauh berbeda.

Baik Samsung Galaxy A03 dan Samsung Galaxy A04 mampu mencapai resolusi HD+ 720 x 1600 piksel dengan kerapatan piksel 270 ppi. Selain itu, dua layar dengan rasio 20:9 dan ukuran 6,5 inci juga memiliki refresh rate yang memadai di kelasnya, yaitu 60 Hz.

3. Konfigurasi kamera 50 MP

6 Perbedaan antara Samsung Galaxy A03 dengan Samsung Galaxy A04

Sektor kamera merupakan salah satu industri di mana Samsung Galaxy A04 telah ditambahkan sebagai penerusnya. Peningkatan tersebut hanya pada resolusi, karena kedua perangkat masih memiliki fitur yang sama, yaitu dukungan untuk autofocus dan LED flash.

Samsung Galaxy A04 masing-masing dilengkapi dengan dua kamera belakang dengan resolusi lebih tinggi, hingga 50 megapiksel dan aperture f/1.8, sedangkan Samsung Galaxy A03 hanya memiliki kamera dengan resolusi 48 megapiksel dan aperture f/1.8. Sebagai pelengkap, kedua smartphone ini dibekali kamera depth sensor 2 megapiksel dengan aperture f/2.

Selebihnya, kedua ponsel memiliki konfigurasi kamera yang serupa, dimulai dengan kemampuan untuk merekam hasil video pada 1080p pada 30 frame per detik. Jika bergerak ke depan, akan ada kamera selfie 5 megapiksel dengan resolusi yang sama yang disimpan dalam slot berbentuk tetesan air mata.

4. UNISOC Ruigo T606 vs SC9863A UNISOC

Baca Juga :  cara cek seri laptop hp

Jadikan divisi terpenting Runway Kitchen HP dalam hal kinerja dan kinerja. Kedua smartphone ini ditenagai chipset Unisok, namun dari berbagai jenis.

Samsung Galaxy A03 dilengkapi dengan chipset UNISOC Tiger T606 dan memiliki delapan inti CPU, termasuk dua inti ARM Cortex A75 pada clock 1,6 GHz dan enam clock core ARM Cortex A55 pada 1,6 GHz. Chipset tersebut didukung oleh kartu pengolah grafis, GPU ARM Mali-G57 MP1.

Sementara itu, Samsung Galaxy A04 dibekali chipset Unisoc SC9863A, yang mencakup delapan core CPU, termasuk empat core ARM Cortex A55 dengan clock 1,6 GHz dan empat core ARM Cortex A55 pada clock 1,2 GHz. Chipset ini kemudian didukung oleh kartu pengolah grafis IMG 8322.

Sebagai penerusnya, Samsung Galaxy A04 sudah memiliki antarmuka yang diperbarui, One UI Core 12 berbasis sistem operasi Android 4.1. Sementara Samsung Galaxy A03 masih berjalan pada antarmuka One UI Core 3.1 berbasis OS Android 11.

5. Penyimpanan ekstensif dalam memori dan baterai

LintasYogya | 6 Perbedaan antara Samsung Galaxy A03 dengan Samsung Galaxy A04

Kemudian, dua chipset yang dimiliki masing-masing ponsel dipadukan dengan beberapa opsi penyimpanan memori yang berbeda dan lebih luas. Semakin luas kapasitas penyimpanan memori ponsel Anda, semakin tinggi dan stabil kinerja dan kinerja yang dihasilkannya.

Samsung Galaxy A04 memiliki lebih banyak pilihan penyimpanan memori, yaitu penyimpanan RAM dengan opsi 4 GB, 6 GB dan 8 GB serta 32 GB, 64 GB dan memori internal 128 GB. Samsung Galaxy A03 memiliki dua opsi penyimpanan RAM untuk Anda pilih, yaitu 3 GB dan 4 GB dan 32 GB, 64 GB dan memori internal 128 GB.

Plus, jika Anda masih merasa kekurangan ruang penyimpanan, Anda masih dapat menggunakan microSD untuk memperluas kapasitas penyimpanan memori Anda. Dengan kata lain, kedua smartphone ini menawarkan slot memori tambahan untuk memperluas kapasitas memori hingga 1 TB.

Sebagai informasi tambahan, kedua smartphone ini juga hadir dengan kapasitas baterai yang cukup besar, hingga 5000 mAh. Kapasitasnya cukup besar untuk produk serupa, sehingga Anda dapat menggunakan kedua ponsel sepanjang hari, tergantung pada penggunaannya.

Baca Juga :  cek ip no hp

6. Harga dan Ketersediaan

Seperti yang kita ketahui bersama, Samsung Galaxy A03 pertama kali merilis dua versi, versi RAM 3 GB dengan memori internal 3 GB, dengan harga 1.599.000 rupee.

Samsung Galaxy A04 hadir dalam dua warna, tembaga, hijau dan hitam, dengan 2 pilihan RAM dan memori.

Yang pertama adalah versi RAM 3 GB dengan penyimpanan 3 GB, tersedia secara eksklusif online mulai 19 Oktober 2022, dengan RRT ritel Rp 1.499.000. Kedua, ada versi 4 GB dengan penyimpanan 64 GB seharga Rp 1.799.000. Versi ini akan tersedia secara online dan offline mulai 21 Oktober 2022.

Untuk pembelian, awalnya Samsung menawarkan berbagai penawaran menarik seperti YouTube Premium , dan lain-lain.

Untuk ponsel Samsung, biasanya akan ada penyesuaian harga di masa depan. Belakangan, siapa tahu, harga Samsung Galaxy A04 bisa lebih murah.

Kesimpulan

Setelah memahami perbedaan Samsung Galaxy A03 dan Samsung Galaxy A04, tampaknya kedua smartphone tersebut mampu bersaing di kelas yang sama. Kedua smartphone ini terjangkau, dan fitur serta spesifikasi yang mereka bawa juga cukup powerful, terutama di bidang kamera, kapasitas penyimpanan memori yang luas, dll.

Namun, sebagai penerus Samsung Galaxy A03, Samsung Galaxy A04 tentu memiliki beberapa peningkatan di segmen kamera, penyimpanan memori yang diperluas, dan sistem operasi yang sudah diperbarui.

Pada saat yang sama, Samsung Galaxy A03 tidak kalah di belakang, harganya lebih murah, kualitas kamera yang dimilikinya tidak jauh berbeda, kapasitas memori masih bisa diperluas, dan level baterainya sama. Ini dapat mempertimbangkan apakah masih layak untuk dipilih.

Jadi, karena beberapa perbedaan yang telah disebutkan dan pertimbangan harga yang ada, HP adalah pilihan Anda, apakah Samsung Galaxy A03 atau Samsung Galaxy A04?