LintasYogya | 6 Cara menghapus aplikasi di laptop dan PC dengan mudah dan cepat

6 Cara menghapus aplikasi di laptop dan PC dengan mudah dan cepat

Teknologi

6 Cara menghapus aplikasi di laptop dan PC dengan mudah dan cepat

Jika kamu sering bergumul dengan laptop atau komputer pribadi (PC), setidaknya kamu tahu bahwa kamu bisa menghapus beberapa aplikasi di kedua perangkat komputer tersebut, bukan? Nah, proses mencopot pemasangan aplikasi ini disebut proses uninstall atau uninstall. Selain itu, jika Anda juga menggunakan smartphone, Anda dapat menghapus aplikasi berbasis digital ini karena berbagai alasan, biasanya karena tidak lagi digunakan atau karena kelebihan beban dengan pemrosesan komputasi. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang cara mencopot pemasangan aplikasi di komputer atau laptop ini, mari kita simak ulasan berikut.

Pentingnya mencopot pemasangan aplikasi yang tidak penting di laptop Anda

LintasYogya | 6 Cara menghapus aplikasi di laptop dan PC dengan mudah dan cepat

Seperti disebutkan sedikit demi sedikit di atas, proses mencopot pemasangan aplikasi atau program di laptop Anda menjadi penting karena berbagai alasan. Tentu saja, yang utama adalah membuat kinerja komputer kita mudah setelah melakukan proses penghapusan instalasi aplikasi. Selain itu, menurut Techtalk, proses uninstall aplikasi ini dapat mendukung sejumlah hal, antara lain sebagai berikut,

Menambah ruang pada hard disk drive (HDD).
Tingkatkan kecepatan komputer Anda
Meningkatkan keamanan PC
Biasanya, proses mencopot pemasangan aplikasi penting karena komputer atau laptop memiliki batas penyimpanan yang terbatas. Selain itu, aplikasi komputer seringkali terus membutuhkan pembaruan tahunan. Pembaruan ini juga berlaku untuk memperbaiki kerentanan keamanan di versi aplikasi yang lebih lama. Tentu saja, pembaruan ini meningkatkan ruang penyimpanan karena penambahan fitur tambahan. Oleh karena itu, Anda harus hati-hati mengelola aplikasi di komputer Anda. Perhatikan juga ketersediaan ruang dan kapasitas random access memory (RAM), yang akan mendukung kecepatan dan kelancaran kinerja komputer.

Cara menghapus aplikasi di laptop Anda dari menu Start

6 Cara menghapus aplikasi di laptop dan PC dengan mudah dan cepat

Cara pertama yang perlu Anda ketahui proses mencopot pemasangan aplikasi di laptop Anda adalah dengan menggunakan tombol menu Start di sudut kanan atas desktop Windows. Berikut langkah-langkahnya,

Baca Juga :  cara cek ip address pc

1. Tekan tombol “Start”

Untuk memulai, cukup arahkan kursor ke tombol Mulai Windows di desktop. Setelah itu, beberapa baris aplikasi yang tersedia akan muncul di perangkat Anda.

2. Klik kanan dan hapus instalan

6 Cara menghapus aplikasi di laptop dan PC dengan mudah dan cepat

Langkah kedua adalah mengklik ikon aplikasi di bilah menu sebelumnya dari tombol Mulai Windows. Anda dapat menekan dan menahan ikon aplikasi secara langsung, atau Anda dapat mengklik kanan dan memilih Uninstall. Setelah ikon aplikasi hilang, proses uninstall aplikasi berhasil.

Cara menghapus aplikasi di laptop Anda menggunakan Control Panel

LintasYogya | 6 Cara menghapus aplikasi di laptop dan PC dengan mudah dan cepat

Secara tradisional, cara lain untuk menghapus aplikasi di laptop Anda adalah melalui panel kontrol. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Klik tombol Start Window

Langkah pertama adalah klik kanan dan klik tombol Start Windows, lalu cari Control Panel.

2. Cari aplikasi dan program

Langkah selanjutnya adalah menemukan aplikasi yang ingin Anda hapus instalannya di baris Program dan Fitur. Di sana, Anda dapat menemukan semua jenis aplikasi yang diinstal pada perangkat Anda. Kemudian Anda cukup mengklik ikon aplikasi yang ingin Anda hapus dan pilih Uninstall.

Cara menghapus aplikasi di laptop Anda menggunakan Pengaturan

LintasYogya | 6 Cara menghapus aplikasi di laptop dan PC dengan mudah dan cepat

Selain panel kontrol, ada cara umum untuk menghapus aplikasi di laptop atau perangkat komputer Anda, yaitu melalui pengaturan pada perangkat Anda. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

1. Klik “Mulai Jendela”

Seperti pada metode sebelumnya, Anda hanya perlu mengklik tombol Start Windows, lalu pilih Settings. Setelah itu, Anda akan diarahkan ke kolom “Apps & Apps & features”.

2. Klik dua kali aplikasi dan hapus instalannya

Setelah Anda menemukan ikon untuk aplikasi yang ingin Anda hapus instalannya di Aplikasi &fitur, langkah selanjutnya adalah mengklik dua kali ikon tersebut dan memilih Copot pemasangan.

Baca Juga :  Penjelasan Tentang Biaya Hosting

Proses mencopot pemasangan aplikasi laptop menggunakan alat pihak ketiga

Selain menggunakan metode internal di atas, Anda juga dapat menghapus aplikasi di perangkat Anda menggunakan program pihak ketiga atau alat pihak ketiga. Beberapa alat pihak ketiga meliputi,

1. Revo Uninstaller

LintasYogya | 6 Cara menghapus aplikasi di laptop dan PC dengan mudah dan cepat

Revo Uninstaller menghapus program atau aplikasi yang diinstal pada perangkat komputer Anda. Uninstaller Revo akan memudahkan pengguna untuk menemukan aplikasi yang ingin mereka uninstall. Tidak hanya itu, Revo Uninstaller juga dapat memantau seluruh proses menginstal dan menginstal aplikasi baru, serta menghapusnya di masa mendatang.

Langkah-langkah singkat untuk mencopot pemasangan aplikasi menggunakan Revo Uninstaller adalah sebagai berikut:

Buka Revo Uninstaller
Klik dua kali ikon untuk program atau aplikasi yang ingin Anda hapus
Klik kanan ikon untuk program atau aplikasi yang ingin Anda hapus
Pilih Uninstall

2. CCleaner

 LintasYogya | 6 Cara menghapus aplikasi di laptop dan PC dengan mudah dan cepat

Tentu saja, untuk menggunakan aplikasi CCleaner ini, Anda harus terlebih dahulu mengunduhnya dan mengaitkannya dengan perangkat komputer Anda. CCleaner akan menjadi opsi default jika Anda mengaturnya dengan cara ini. CCleaner juga memungkinkan pengguna untuk memilih folder tertentu yang tidak ingin mereka hapus, sehingga aplikasi dapat mengubah dokumen atau sistem aplikasi secara permanen.

Prosedur langkah demi langkah untuk mencopot pemasangan aplikasi menggunakan CCleaner adalah sebagai berikut
Klik ikon pembersihan di sudut kanan atas CCleaner
Pilih fitur yang ingin Anda hapus dan baca teks peringatan, lalu tekan ” dua kali
Pilih aplikasi yang akan kamu bersihkan atau hapus instalasinya
Klik dua kali tombol Analisis
Setelah analisis selesai, klik dua kali Run Cleaner
APK akan di hapus permanen oleh sistem

Klik dua kali untuk melanjutkan

3. Penghapus Instalasi IObit

Baca Juga :  kelebihan dari vps hosting adalah fleksibel yang berarti

LintasYogya | 6 Cara menghapus aplikasi di laptop dan PC dengan mudah dan cepat

Anda dapat menghapus aplikasi atau program di perangkat Anda menggunakan IObit Uninstaller, dan tersedia secara gratis (untuk pemindaian dan fitur lainnya). Uninstaller IObit menyediakan opsi untuk melihat semua program atau aplikasi yang diinstal pada perangkat komputer Anda, yang dapat disesuaikan berdasarkan jumlah ruang yang digunakan atau waktu instalasi.

Untuk dapat terus mengelola aplikasi, uninstaller IObit dapat menunjukkan kepada pengguna aplikasi mana yang memakan banyak ruang pada hard drive atau RAM pada laptop pengguna. Langkah-langkah untuk menghapus instalan aplikasi menggunakan uninstaller IObit adalah sebagai berikut:

Klik dua kali ikon uninstaller IObit dan jalankan
Pilih aplikasi Windows untuk memilih aplikasi Windows yang ingin Anda hapus
Klik dua kali ikon aplikasi
Pilih tombol Uninstall

Jika perangkat Anda memiliki uninstaller IObit yang diinstal, Anda juga dapat melakukan proses penghapusan instalasi melalui panel kontrol dan klik dua kali tombol uninstall yang kuat dengan ikon IObit. Ini lebih kompak karena sistem IObit akan diintegrasikan ke dalam panel kontrol.

Nah, ini adalah beberapa cara untuk menghapus aplikasi di laptop atau perangkat PC Anda dengan mudah. Anda dapat mengikuti langkah-langkah penghapusan instalan standar atau menggunakan alat pihak ketiga untuk lebih mudah menghapus aplikasi yang tidak lagi relevan dengan perangkat Anda. Menghapus aplikasi ini dapat mengosongkan lebih banyak ruang untuk perangkat Anda dan membuat PC Anda berkinerja lebih lancar.

Bagi mereka yang suka berjuang dengan komputasi atau pemrograman, EKRUT menawarkan ruang pertemuan untuk berbagai perusahaan yang mencari bakat teknis dan informasi seperti Anda. Cukup klik tautan di bawah ini untuk mendaftar melalui EKRUT dan pencari lokasi pemohon akan menemukan Anda.