LintasYogya | Cleaning Car Interior
Cleaning Car Interior

Cleaning Car Interior

Cleaning Car Interior dengan Bahan Alami yang Mudah Ditemukan di Rumah

Hello Sobat LintasYogya, mempunyai mobil yang bersih dan harum tentunya menjadi dambaan bagi siapa saja yang suka berkendara. Namun, mencuci bagian dalam mobil tidaklah mudah, terlebih lagi jika harus pergi ke bengkel atau salon mobil. Oleh karena itu, kali ini kami akan berbagi tips tentang bagaimana membersihkan bagian dalam mobil dengan bahan alami yang mudah ditemukan di rumah.

Pembersihan Kursi Mobil

Bagian kursi mobil adalah salah satu bagian dalam mobil yang paling sering kotor. Untuk membersihkannya, Anda dapat mencampurkan cuka putih dan air dalam botol semprotan dengan perbandingan 1:1. Kemudian semprotkan campuran tersebut pada kursi mobil dan biarkan selama beberapa menit. Setelah itu, gosok dengan sikat gigi bekas yang telah dicuci bersih. Terakhir, bersihkan kursi mobil dengan kain yang lembab dan biarkan mengering.

Selain menggunakan cuka putih, Anda juga dapat menggunakan baking soda. Cukup taburkan baking soda pada kursi mobil dan gosok dengan sikat gigi bekas yang telah dicuci bersih. Kemudian bersihkan dengan kain lembab dan biarkan mengering.

Pembersihan Karpet Mobil

Bagian karpet mobil juga rentan terkena kotoran dan noda. Untuk membersihkannya, Anda dapat menggunakan campuran air dan soda kue dengan perbandingan 1:3. Kemudian semprotkan campuran tersebut pada karpet mobil dan gosok dengan sikat gigi bekas yang telah dicuci bersih. Setelah itu, bersihkan dengan kain yang lembab dan biarkan mengering.

Jika karpet mobil terkena noda yang sulit dihilangkan, cobalah mencampurkan pasta gigi putih dan air dengan perbandingan 2:1. Kemudian aplikasikan campuran tersebut pada noda dan gosok dengan sikat gigi bekas yang telah dicuci bersih. Setelah itu, bersihkan dengan kain yang lembab dan biarkan mengering.

Baca Juga :  Bagaimana cara konfigurasi control panel hosting

Pembersihan Dashboard dan Interior Mobil

Untuk membersihkan dashboard dan bagian interior mobil lainnya, Anda dapat menggunakan campuran air dan minyak kelapa dengan perbandingan 1:1. Kemudian semprotkan campuran tersebut pada kain mikrofiber dan bersihkan bagian dalam mobil. Campuran air dan minyak kelapa ini tidak hanya membersihkan, tetapi juga melembabkan bagian dalam mobil Anda.

Jika Anda tidak memiliki minyak kelapa, Anda dapat menggunakan minyak kayu putih. Caranya, teteskan minyak kayu putih pada kain mikrofiber dan bersihkan bagian dalam mobil.

Pembersihan Kaca Mobil

Kaca mobil yang kotor dapat membuat pengemudi merasa tidak nyaman dan bahkan dapat mengganggu pandangan. Untuk membersihkannya, Anda dapat menggunakan campuran cuka putih dan air dalam botol semprotan dengan

perbandingan 1:1. Kemudian semprotkan campuran tersebut pada kaca mobil dan bersihkan dengan kain mikrofiber. Pastikan untuk menggosok dengan lembut untuk menghindari terjadinya goresan pada kaca mobil.

Jika Anda menginginkan kaca mobil yang lebih bersih dan berkilau, Anda dapat mencampurkan 1/4 cangkir cuka putih dengan 1 liter air dan membersihkan kaca mobil dengan campuran tersebut. Setelah itu, bersihkan dengan kain mikrofiber dan biarkan kaca mobil mengering dengan sendirinya.

Pembersihan Ventilasi dan AC Mobil

Ventilasi dan AC mobil juga merupakan bagian penting yang harus dibersihkan secara rutin. Untuk membersihkannya, Anda dapat menggunakan campuran air dan cuka putih dengan perbandingan 1:1. Kemudian semprotkan campuran tersebut pada ventilasi dan AC mobil. Pastikan untuk memutar AC pada posisi terendah saat membersihkan ventilasi dan AC mobil.

Jika Anda ingin membersihkan ventilasi dan AC mobil dengan lebih mudah, Anda dapat menggunakan sikat gigi bekas yang telah dicuci bersih. Gosok ventilasi dan AC mobil dengan sikat gigi tersebut, dan jangan lupa untuk membersihkan sisa cairan dengan kain lembab.

Baca Juga :  Cara Hosting Domain dengan Santai dan Unik

Pembersihan Jok Mobil Berbahan Kulit

Jika jok mobil Anda berbahan kulit, Anda dapat menggunakan campuran air dan minyak kelapa dengan perbandingan 1:1 untuk membersihkannya. Kemudian semprotkan campuran tersebut pada jok mobil dan bersihkan dengan kain mikrofiber. Pastikan untuk menggosok dengan lembut dan menghindari penggunaan bahan kimia yang keras yang dapat merusak bahan kulit jok mobil.

Jika jok mobil Anda terkena noda yang sulit dihilangkan, Anda dapat mencampurkan cuka putih dan air dalam botol semprotan dengan perbandingan 1:1. Kemudian semprotkan campuran tersebut pada noda dan bersihkan dengan kain mikrofiber. Jangan lupa untuk membersihkan sisa cairan dengan kain lembab.

Pembersihan Plafon Mobil

Plafon mobil juga merupakan bagian yang sering terlupakan dalam pembersihan mobil. Untuk membersihkannya, Anda dapat menggunakan campuran air dan soda kue dengan perbandingan 1:3. Kemudian semprotkan campuran tersebut pada plafon mobil dan bersihkan dengan kain mikrofiber. Pastikan untuk menggosok dengan lembut agar tidak merusak bahan plafon mobil.

Jika plafon mobil terkena noda yang sulit dihilangkan, Anda dapat menggunakan pasta gigi putih. Caranya, oleskan pasta gigi putih pada noda dan gosok dengan sikat gigi bekas yang telah dicuci bersih. Setelah itu, bersihkan dengan kain yang lembab dan biarkan mengering.

Kesimpulan

Membersihkan bagian dalam mobil tidaklah sulit jika Anda tahu cara yang tepat. Dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mud

ah ditemukan di rumah, Anda dapat membersihkan bagian dalam mobil dengan lebih efektif dan terhindar dari bahan kimia yang berbahaya. Selain itu, membersihkan bagian dalam mobil secara rutin dapat membuat mobil Anda terlihat lebih bersih dan terawat.

Jangan lupa untuk membersihkan bagian dalam mobil secara rutin, terutama pada bagian yang sering teraba seperti kemudi, tuas transmisi, dan tombol-tombol di konsol tengah. Dengan begitu, mobil Anda akan tetap terjaga kebersihannya dan memberikan kenyamanan saat berkendara.

Baca Juga :  Cara Hosting Laravel di Hostinger

Itulah beberapa tips dalam membersihkan bagian dalam mobil menggunakan bahan-bahan alami. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Sobat LintasYogya yang ingin membersihkan bagian dalam mobil dengan mudah dan efektif.

Sampai Jumpa Kembali di Artikel Menarik Lainnya