LintasYogya | 2 Cara mengatur ulang Windows 10 tanpa kehilangan data

2 Cara mengatur ulang Windows 10 tanpa kehilangan data

Pinebeat: LintasYogya.com

LintasYogya | 2 Cara mengatur ulang Windows 10 tanpa kehilangan data

Pengguna sistem operasi Windows 10 akan mengalami masalah dalam menggunakan perangkat lunak. Saat performa menurun, waktu muat aplikasi membutuhkan waktu lebih lama. Ini pasti akan mengganggu aktivitas Anda saat Anda menggunakan komputer. Untuk meningkatkan kinerja lagi, Anda dapat mencoba cara mengatur ulang Windows 10.

Apakah mengatur ulang Windows 10 adalah langkah terbaik?

LintasYogya | 2 Cara mengatur ulang Windows 10 tanpa kehilangan data
Ada banyak cara untuk mengatur ulang Windows 10 online yang dapat Anda cari dan lacak dengan mudah. Bahkan, jika Anda ingin kinerja PC Anda meningkat lagi, mengatur ulang Windows 10 adalah opsi terakhir yang dapat Anda ambil. Mengatur ulang Windows 10 akan menyebabkan Anda kehilangan semua pengaturan yang Anda buat dan kembali ke pengaturan awal dan, tentu saja, instal ulang Windows untuk perangkat Anda.

Jika Anda memilih opsi “Hapus semua” ketika Anda ingin mengatur ulang Windows 10, Anda tidak hanya akan kehilangan aplikasi yang diinstal, pengaturan pengaturan, tetapi juga semua file seperti foto, video, data dari Microsoft Office, dll. Namun, jika Anda memilih Simpan file saya, semua file Anda akan tetap ada setelah proses reset.
Jika Anda tidak memiliki masalah kehilangan beberapa aplikasi, mengatur ulang Windows 10 adalah langkah terbaik yang dapat Anda ambil. Karena mengatur ulang Windows 10 adalah cara yang lebih baik daripada menginstal ulang Windows 10.

Melakukan reset pabrik pada Windows 10 tidak diragukan lagi lebih cepat dan lebih mudah daripada menginstal ulang Windows 10. Perlu diingat bahwa mengatur ulang PC Anda akan memakan waktu cukup lama, jadi pastikan untuk mencolokkan adaptor AC selama proses reset. Juga, jangan dipaksakan untuk menutup untuk menghindari masalah.

Baca Juga :  Penjelasan Tentang Cloud Hosting Free Trial

Cara mengatur ulang apa yang dapat Anda lakukan tentang Windows 10

Cara mengatur ulang Windows 10 tanpa khawatir kehilangan data

Berikut adalah dua cara untuk mengatur ulang Windows 10 menggunakan instalasi dan winRE:

1. Cara mengatur ulang Windows 10 di pengaturan
Ikuti langkah-langkah ini untuk mengatur ulang Windows 10 dari opsi Pengaturan:

Untuk kenyamanan Anda, cukup ketik “reset PC ini” dan cari di bidang pencarian Windows. Jika muncul, klik dua kali untuk membuka ”
Setelah itu, opsi “Pulihkan” akan muncul di menu “Pengaturan”. Pilih dan klik “Memulai” di bagian “Setel ulang PC ini” dua kali.
Di menu ini “Setel ulang komputer ini”, Anda akan menerima opsi “Simpan file saya” atau “Hapus semuanya”. Jika Anda memilih “Hapus semua”, Anda tidak hanya akan kehilangan aplikasi yang diinstal, pengaturan pengaturan, tetapi juga semua file Anda seperti foto, video, data, dll. di Microsoft Office. Oleh karena itu, Windows merekomendasikan untuk memilih dan mengklik opsi “Simpan file saya”.
Selanjutnya akan ada pertanyaan “Bagaimana Anda ingin menginstal ulang Windows?” opsi “Unduh di cloud” atau “Instal ulang lokal”. Windows menyarankan Anda memilih opsi instalasi ulang lokal.

“Pengaturan Tambahan” akan muncul nanti. Pilih dan klik Ubah Pengaturan.
Dalam opsi ini “Ubah pengaturan”, Anda perlu mengubah pengaturan “Pulihkan aplikasi dan pengaturan yang disertakan dengan PC ini” menjadi “Ya” dan pilih “Konfirmasi”. Setelah itu Anda akan dibawa kembali ke opsi “Pengaturan Tambahan” dan pilih “Berikutnya”.
Berikutnya adalah opsi terakhir, yaitu bersiap-siap untuk mengatur ulang komputer. Anda dapat melihat aplikasi mana yang akan hilang setelah proses reset dengan memilih Lihat aplikasi yang dihapus lalu Reset. Saat Anda mengatur ulang PC Anda, semua aplikasi Anda akan dihapus. Aplikasi berikut tidak dapat diinstal ulang dari Microsoft Store, jadi Anda harus menginstalnya kembali dari Internet atau disk penginstalan. Saat Anda siap untuk melanjutkan ke langkah berikutnya, pilih Sebelumnya.
Terakhir, pilih “Reset” untuk mulai menginstal ulang Windows 10, dan setelah instalasi ulang selesai, komputer akan restart. Jangan lupa untuk menghubungkan komputer ke adaptor AC selama proses reset, dan jangan matikan komputer saat proses reset sedang berlangsung untuk menghindari masalah.

Baca Juga :  Google Cloud Hosting

2. Cara reset Windows 10 menggunakan WinRE

Anda dapat mengatur ulang Windows 10 menggunakan pengaturan atau menggunakan WinRE, apa itu WinRE? WinRe atau Windows Recovery Environment adalah lingkungan pemulihan Windows yang memperbaiki masalah umum seperti sistem operasi yang tidak dapat di-boot.

WinRE mencakup fondasi Windows Preinstallation Environment (Windows PE) yang dapat digunakan dengan driver, bahasa, komponen Windows PE opsional, dan alat pemecahan masalah dan diagnostik lainnya. Skenario umum termasuk Pemulihan Sistem, alat perbaikan otomatis, atau memasuki mode aman.

Untuk mengatur ulang Windows 10 menggunakan WinRE, Anda harus terlebih dahulu meletakkan komputer Anda di Lingkungan Pemulihan Windows. Anda juga dapat memasukkan WinRE dengan dua cara, menggunakan opsi Advanced Boot di Pengaturan atau menggunakan tombol pintas selama startup.

WinRE dapat dimulai secara otomatis setelah masalah berikut terdeteksi:

. Dua upaya berturut-turut untuk mengaktifkan Windows gagal
. Dua belokan tidak disengaja berturut-turut (shutdown) terjadi dalam waktu dua menit setelah dihidupkan.
. Sistem reboot dua kali berturut-turut dalam waktu dua menit setelah boot selesai
. kesalahan pada boot terkecuali pada masalah yang terkait dengan bootmgr.efi

Hanya sentuh kesalahan BitLocker pada perangkat

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatur ulang Windows 10 menggunakan metode WinRE:

. Setelah Windows 10 memasuki Windows Recovery Environment (WinRE), pilih opsi “Troubleshoot”.
. Kemudian pilih Reset PC ini.
. Kemudian pilih “Simpan file saya”.
. Pilih akun yang Anda gunakan di PC Anda.
. Masukkan kata sandi akun Anda, lalu pilih Lanjutkan. Jika akun yang Anda pilih tidak memerlukan kata sandi, Anda juga dapat mengklik dua kali untuk melanjutkan.
. Kemudian pilih Instal ulang secara lokal.
. Terakhir, pilih “Reset” untuk mulai menginstal ulang Windows 10 di komputer Anda. Selama proses reset ini, pastikan komputer terhubung ke adaptor AC dan jangan paksa untuk                 mematikan  komputer untuk menghindari masalah.

LintasYogya | 2 Cara mengatur ulang Windows 10 tanpa kehilangan data

Jika Anda memiliki bakat teknis tetapi tidak tahu harus bekerja di mana, Anda dapat mendaftar ke EKRUT hari ini. Semua proses profesional dan bantuan di pasar bakat EKRAT gratis. Sebagai talenta atau pemberi kerja, Anda dapat merekrut dan mempekerjakan kandidat yang tepat dalam waktu singkat. Jadi tunggu apalagi? Daftar sekarang!

Baca Juga :  Kelebihan dan kekurangan share hosting

Buat kamu yang masih penasaran dengan EKRUT, yuk simak video berikut ini agar kamu bisa lebih percaya diri dengan talent seeking menjadi EKRUT. Jika prosesnya belum sepenuhnya selesai, pastikan Anda tidak melakukan apa-apa sebelumnya dan Anda dapat menyalakan laptop atau komputer dengan aman.